DOWNLOAD; Software TRANSTOBA2 (Untuk mengalihaksarakan Tulisan Latin Ke Tulisan Batak) Karya Prof. Uli Kozok

Program transliterasi (alih aksara) ini diciptakan untuk mengalihaksarakan tulisan huruf Latin menjadi tulisan aksara Batak Toba. Teks sumber bisa dipilih menjadi bahasa Batak, bahasa Indonesia, atau bahasa Jerman. Transliterasi Batak (Latin) menjadi Batak (Surat Batak) berjalan tanpa masalah apa-apa asal bahasa Batak ditulis sesuai dengan ejaan yang baku: songon i, misalnya, jangan ditulis songoni, dan demikian juga dengan na, ni, di, do, dan ma agar jangan digabung melainkan ditulis terpisah – kecuali jika di- adalah awalan pasif yang, tentu saja, ditulis sambung: didokhon. Hendaknya Anda gunakan ejaan sesuai dengan ejaan yang asli dan jangan sesuai dengan lafalan: misalnya kampung Bangkara jangan ditulis Bakkara, pintu jangan ditulis pittu, unsok jangan ditulis ucok, angka jangan ditulis akka, dan sebagainya.

Kata dan teks dalam bahasa Indonesia juga dapat dialihaksarakan menjadi aksara Batak dengan catatan bahwa Surat Batak tidak mengenal huruf c, f, q, v, x, dan z serta bunyi h pada akhir suku kata (ru-mah, rah-mat). Huruf mubazir q dan x tidak menjadi masalah karena tidak terdapat dalam bahasa Indonesia dan senantuasa dapat dialihkan menjadi k dan ks.

Bunyi c yang sering terdapat dalam bahasa Indonesia tidak terdapat dalam bahasa Batak Toba akan tetapi sering ditemukan dalam bahasa Mandailing yang menulisnya sebagai bunyi s ditambah dengan tompi (tanda baca yang berupa dua garis horisontal).

Bunyi ny juga tidak terdapat dalam bahasa Toba tetapi lazim digunakan dalam bahasa Indonesia dan juga dalam bahasa Mandailing sehingga kita meminjam aksara Mandailing NYA.

Satu lagi bunyi yang tidak terdapat dalam bahasa Toba adalah bunyi h pada akhir suku kata (ru-mah, rah-mat). Dalam hal ini kita tidak bisa menggunakan aksara HA karena aksara tersebut selalu dilafalkan k bila berada pada akhir suku kata. Dalam hal ini untuk penulisan kata Indonesia sebaiknya kita meminjam anak ni surat h dari surat Batak versi Pakpak dan Karo.

Huruf f, v, dan z hanya terdapat dalam bahasa Indonesia untuk menulis kata yang berasal dari bahasa asing: zaman (bahasa Arab), firasat (bahasa Arab), vespa (bahasa Itali). Bunyi f dalam bahasa Indonesia hampir selalu menjadi p sehingga f dialihkan sebagai p: fikir menjadi pikir, foto menjadi poto. Bunyi z lazim dilafalkan j dalam bahasa Indonesia sehingga kita pun memilih aksara JA untuk menuliskan z: zaman menjadi jaman.

Baca Juga :  Download Isi Buku MEMBONGKAR GURITA CIKEAS Karya George Aditjondro

Huruf v hanya terdapat dalam kata asing, dan selalu dilafalkan sebagai f atau p sehingga transtoba2 pun mengalihkannya menjadi p: Vespa menjadi Pespa,

Teks berbahasa Jerman juga dapat dialihaksarakan menjadi Surat Batak, namun perlu diingat bahwa program kami dalam hal mengalihaksarakan bahasa Jerman belum berfungsi secara sempurna dan hendaknya hanya digunakan untuk mengalihaksarakan nama orang atau nama tempat.

DOWNLOAD DISINI; http://transtoba2.seige.net/?download=latest

atau silahkan berkunjung ke SITUS RESMI-nya DISINI; http://transtoba2.seige.net/

transtoba2 merupakan perangkat lunak bebas yang dapat diedarkan dan diubah di bawah Lisensi Publik Umum GNU. Versi terakhir transtoba2 adalah versi 0.23 beta

Cara Penggunaan:

File yang didownload perlu dikopi ke cakram keras komputer Anda. Apabila perlu download dan instal JRE versi terakhir (minimal 1.5). Untuk menjalankan programnya ikonnya diklik dua kali. Kalau ini tidak berhasil Anda dapat membukanya dengan menggunakan JRE. Transtoba2 adalah program yang dapat dijalankan di hampir setiap komputer dan sistem operasi baik Microsoft Windows, Apple OS10, Linux, *BSD dan Solaris.

Untuk Memasukkan dalam Situs Internet:

Program transtoba2 dapat Anda masukkan di situs Internet Anda dengan mengikuti dua langkah berikut: 1. Kopi program transtoba2 ke situs Anda, 2. Masukkan kode berikut ke dalam file tujuan:

Syarat untuk Mengubah transtoba2:

Anda boleh mengopi program transtoba2 ke cakram keras untuk mengambil isi programnya satu per satu dengan menggunakan aplikasi arsip sesuai dengan sistem operasi Anda. Kode sumber dapat diubah sebagaimana perlu untuk menambah fitur atau memperbaiki kesalahan dalam kode (bug) asal perubahan tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan GPL yang berlaku. Di dalam transtoba2 juga terdapat file aksara Surat Batak dalam bentuk file TTF beserta dokumentasi.

Sekiranya Anda mengubah atau memperbaiki transtoba2 kami mohon agar perubahan yang Anda buat diberitahu kepada kami agar perbaikan tersebut dapat dimasukkan dalam versi berikutnya.

Download TTF files (Karo, Pakpak, Simalungun, Mandailing, Toba): http://www.hawaii.edu/indolang/surat/surat.html

Prof. Uli Kozok

Uli Kozok, yang aslinya bernama Ulrich Kozok, seorang peneliti bahasa, budaya dan sastra Batak. Lahir di Jerman, 26 Mei 1959 dan tahun 1994 menamatkan program doktornya dengan predikat magna cum laude dengan Disertasi Die Bataksche Klage. Toten-, Hochzeits- und Liebesklagen in oraler und schriftlicher Tradition’. di University of Hamburg, Faculty of Oriental Studies, Department of Austronesian Languages and Cultures.

Khusus di bidang pengembangan aksara Batak, Uli Kozok memiliki peran besar. Setelah sukses merelease font Aksara Batak (Toba, Karo, Mandailing, Pakpak, Simalungun) yang dapat di aplikasikan dalam Microsoft Word — dapat didownload TTF filesnya di , giliran sekarang merelease TransToba2, dalam bentuk arsip JAR yang dapat diaplikasikan di hampir setiap komputer dan sistem operasi baik Microsoft Windows, Apple OS10, Linux, *BSD dan Solaris.

TransToba2, adalah Program transliterasi (alih aksara), untuk mengalihaksarakan tulisan huruf Latin menjadi tulisan aksara Batak Toba. Dengan demikian, bagi orang yang hendak mempelajari Aksara Batak, akan semakin dipermudah, sebab tidak perlu lagi kesulitan dalam mengetahui pola penulisan Aksara Batak yang baik dan benar.

Uli Kozok, mengakui bahwa program ini juga dapat mengalihaksarakan ke bahasa Jerman, namun belum sesempurna antara Bahasa Batak ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Sumber:
www.bloggersumut.net
www.transtoba2.seige.net

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Untuk belajar menggunakan AKSARA BATAK Ver 1.0 di komputer anda, karya BUNGARAN SIMANJUNTAK M.14, silahkan download di sini :
    http://bungaran.simanjuntak.or.id/
    http://hatabatak.wordpress.com/
    http://simanjuntak.or.id/

    Cara menginstall di komputer :
    1. Extract file bataktoba.zip kedalam komputer anda
    2. Copy file BATAKTOBA 1.0 ke C:\Windows\Fonts

    http://bungaran.simanjuntak.or.id/
    http://hatabatak.wordpress.com/
    http://simanjuntak.or.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*