DPD RI: Bupati Tapsel Harus Kedepankan Aspirasi Rakyat Demi Tercapainya Pembangunan

www.waspada.co.id

Bupati Tapsel Ir. Ongku P. Hasibuan

TAPSEL – Berdasarkan aspirasi masyarakat di kabupaten Tapanuli Selatan, setelah terjadinya pemekaran paling lambat Pebruari 2009, ibukota kabupaten harus berada di Sipirok. Akan tetapi pihak bupati berpendapat lain yakni ke daerah Tolang/Maragordong.

Akibat terjadinya perbedaan harapan masyarakat yang didasari oleh UU No 37 dan 38 Tahun 2007 dengan keinginan kepala daerah, dikhawatirkan menghambat proses pembangunan, serta memicu ketidakkondusifan di Tapsel. Atas kondisi itu, masyarakat Tapsel pun menyampaikan surat kepada DPD RI.

”Kunjungan saya ke Tapsel untuk menyahuti surat yang telah di sampaikan ke DPD RI asal Sumatera Utara, terkait terjadinya silang pendapat antara elemen masyarakat Tapsel dengan Kepala Daerah yang dikhawatirkan akan menghambat roda pemerintahan di Tapsel, ”ujar DPD RI asal Sumut, Rahmat Shah, kepada Waspada Online, tadi siang.

Oleh karenanya, katanya, berdasarkan hasil pertemuan dengan pihak pemerintah kabupaten yang diwakili oleh sekretaris daerah, serta kunjungan langsung dan tatap muka dengan elemen masyarakat setempat telah disepakati bahwa bupati akan merealisasikan pemindahan ibukota kabupaten Tapanuli Selatan ke Sipirok secara bertahap mulai awal tahun 2010, sebagai perwujudan terhadap pelaksanaan UU.

Selain itu, diharapkan, dalam rangka pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung pada tahun 2010 di kabupaten Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal, perlunya dibuat dan ditandatangani fakta integritas oleh masing-masing calon kepala daerah yang juga disaksikan oleh berbagai elemen masyarakat setempat.

Baca Juga :  MotoGP - Lorenzo Tak Ingin Disebut Favorit Juara

Apabila terpilih, sebutnya, kepala daerah itu wajib melaksanakan butir-butir prioritas pembangunan yang tercantum dalam pakta integritas. Sehingga dengan demikian, apabila setelah terpilih kepala daerah tidak melaksanakannya akan mendapatkan sanksi yang tegas dari masyarakat setempat.

”Diharapkan pada pilkada yang akan berlangsung di Tapsel dan Madina pada 2010 mendatang, kepala daerah terpilih harus mampu melaksanakan prioritas pembangunan di Tapsel,” tegasnya.
(dat01/wol-rls)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*