DPR Akan Uji Kelayakan Gatot Nurmantyo untuk Calon Panglima

Jend. Gatot Nurmantyo

Jakarta – Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya mengatakan Komisi I segera melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and propper test terhadap Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Menurut Tantowi, surat Presiden Joko Widodo yang mengajukan Gatot sebagai calon tunggal Panglima TNI sudah diterima pimpinan DPR kemarin, Selasa, 9 Juni 2015.

“Sesuai jadwal, hari ini pimpinan DPR RI akan membawa surat itu ke Badan Musyawarah,” kata Tantowi ketika dihubungi Tempo, Rabu, 10 Juni 2015.

Tantowi memperkirakan paling lambat pekan depan surat pencalonan Gatot sebagai Panglima TNI akan sampai ke Komisi I. Selanjutnya, Komisi I akan segera melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Gatot.

Tantowi menjelaskan, Komisi I akan segera menyusun pertanyaan yang akan diajukan kepada Jenderal Gatot. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan visi dan misi Gatot sebagai Panglima TNI yang baru.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajukan Jenderal Gatot sebagai calon tunggal Panglima TNI, yang akan menggantikan Jenderal Moeldoko.

Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki mengatakan pemilihan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai calon tunggal Panglima TNI diputuskan Presiden dengan memperhatikan kepentingan penguatan organisasi TNI menghadapi perubahan geopolitik, geoekonomi, dan geostrategi kawasan.

Presiden pun berharap DPR bisa memberikan persetujuan dalam waktu yang tidak terlalu lama, karena Jenderal Moeldoko akan memasuki masa pensiun pada 1 Agustus mendatang.

Baca Juga :  Anak Mbah Maridjan Diangkat Jadi Juru Kunci Merapi

TEMPO.CO

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*