DPR: KPK Juga Sering Kunjungan ke Luar Negeri

Para politisi Senayan tidak terima jika kunjungan kerja mereka ke luar negeri, terus dipersoalkan. Menurut mereka, tidak hanya DPR yang sering pergi. Lembaga pemerintah juga sering melakukan itu, termasuk lembaga seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Sebenarnya itu tidak hanya DPR (yang ke luar negeri), pemerintah, dan KPK juga sering perjalanan ke luar negeri ya. Terus kemudian dalam negeri dan kementerian luar negeri juga,” ujar Ketua Fraksi PAN, Tjatur Sapto Edi.

Hal itu dia katakan usai nonton bareng film Sang Pencerah di XXI Plasa Senayan, Jakarta, Minggu (19/9/2010) malam.

Tjatur membantah jika perkataannya ini karena DPR merasa terdesak akhir-akhir ini. Lebih lanjut dia mengatakan, sangat setuju jika ke depan DPR tidak lagi melakukan kunjungan ke luar negeri. Asalkan menurutnya, hal itu juga dilakukan oleh lembaga-lembaga lain yang juga sering melakukan kunjungan ke luar negeri yang selama ini luput dari sorotan.

“Saya setuju kalau tahun depan DPR tidak pergi semua, cuma tidak terasa itu. Nah, kalau seluruh lembaga negara tidak pergi, itu baru terasa,” imbuh pria berkacamata ini.

Dia menjelaskan, meskipun saat ini DPR juga berfungsi sebagai badan legislasi sebenarnya tidak semua RUU harus dibuat kunjungan keluar negeri. Dan untuk 70 RUU yang tersisa saat ini, dia membantah jika ke depan DPR akan gencar ke luar negeri.

Baca Juga :  Bromo Awas, Zona Bahaya 3 Km

“Tidak semuanya (harus ke luar negeri), kalau undang-undang yang perlu saja,” paparnya.

Terkait kunjungan kerja yang juga akan dilakukan Komisi III (komisi hukum) ke Inggris dan Kanada untuk membahas soal RUU Keimigrasian, menurutnya hal itu sangat penting.

“Imigrasi termasuk yang penting. Dan soal yang ke Inggris (jadi atau tidak) tanya Pak Azis (Azis Syamsuddin) dan (untuk yang ke Kanada)  belum saya tanda tangani, karena masih sibuk urus fraksi,” kilahnya.

Sebelumnya, Komisi XI dan Komisi IV serta DPD telah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Belakangan terdengar kabar bahwa Komisi III juga akan lakukan hal yang sama untuk membahas RUU Keimigrasian.

Komisi hukum ini, akan membagi 2 rombongan. Satu tim yang dipimpin Azis Syamsuddin akan berangkat menuju Inggris, sedangkan satu tim lagi akan berangkat ke Kanada diketuai oleh Tjatur sendiri.

(lia/rdf)

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/09/20/011821/1443353/10/dpr-kpk-juga-sering-kunjungan-ke-luar-negeri?991101605
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*