DPR Matangkan Ide Pemindahan Ibukota RI

jakarta31 DPR Matangkan Ide Pemindahan Ibukota RIWacana pemindahan Ibukota Jakarta terus bergulir. Anggota DPR RI Romahurmuziy menyatakan, pemindahan Ibukota RI dari Jakarta memang sebuah keharusan apabila melihat daya dukung Jakarta sekarang ini.

“Pertama, kita sama-sama membaca bahwa permukaan tanah tercatat mengalami penurunan antara 2-6 centimeter,” katanya, Jumat (15/10). Lalu, faktor kepadatan penduduk dan faktor ekologis seperti kerap terjadinya banjir membuat Ibukota RI layak dikaji untuk dipindahkan dari Jakarta.

Wakil Sekretaris Jenderal PPP itu juga menyebutkan saat ini pihak DPR masih terus mematangkan ide pemindahan Ibukota.

“Kita masih menginventarisasi mana yang paling masuk akal,” katanya. Romi sendiri membayangkan konsep ibukota Indonesia menjadi terpisah seperti Kuala Lumpur dengan Putera Jaya di Malaysia.

Secara konseptual menurut Romi, yang paling mungkin adalah memindahkan pusat pemerintahan. “Atau membangun pusat industri yang baru,” ungkap Romi.

Dikatakan, proses inventarisasi dan pematangan ide tersebut diharapkan dapat selesai sebelum 2014. Lalu, jika hal itu berjalan mulus, menurutnya, dalam jangka waktu 10 tahun ke depan barulah proses pemindahan ibukota dapat diwujudkan.

Sebelumnya, sejumlah politisi muda lintaas fraksi Senayan memang berancang-ancang membentuk kaukus untuk membidani lahirnya RUU yang akan mengatur pemindahan Ibukota. Beberapa nama yang disebut mendukung rencana tersebut antar lain Teguh Juwarno, Akbar Faisal, Romahurmuziy, Saan Mustopa dan Budiman Sudjatmiko. (wdi/jpnn)

Sumber : Metro Siantar

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Ini Alasan Hakim Memvonis Enteng Gayus

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*