DPRD Deli Serdang Curigai Ada Joki Ujian CPNS

Seorang peserta ujian CPNS Deliserdang tepergok menggunakan handphone saat ujian, Rabu (15/12).

DELISERDANG – Riky Pradana Nasution SE, anggota Komisi D DPRD, Deliserdang mengaku gerah setelah mengetahui ada peserta ujian CPNS yang menggunakan ponsel. “Kita mengkhawatirkan ada joki di balik ujian CPNS tersebut,” katanya.
Dia mengatakan pengawas ujian harusnya jeli melihat peserta ujian yang berbuat curang seperti itu. “Di dalam kelas ujian CPNS kan ada pengawas. Sebelum ujian pengawas kan membacakan tata tertib mengikuti ujian, tata tertib itu yang harus diikuti. Kalau ada yang melanggar tata tertib ya harus ditindak dan dikeluarkan dari lokasi ujian,” katanya.
Riky mengaku pesimistis ujian CPNS Deliserdang berlangsung jujur setelah mendengar temuan ini. “Kalau ada alat komunikasi di dalam lokasi ujian bisa jadi terdapat joki di sekitar lokasi ujian yang memberikan jawaban pada orang yang menggunakan ponsel tersebut,” ujarnya.

Senada Ketua Komisi A DPRD Deliserdang Benhur Silitonga yang didampingi Wakil Komisi A Mikail TP Purba dan anggota Komisi A Rahmad Syah SH menyayangkan adanya kecurangan itu. Benhur menilai hal ini merupakan kelalaian pengawas ujian di kelas tersebut.

”Ini juga bisa menjadi indakasi si pengguna ponsel melakukan browsing internet untuk memperoleh jawaban dari soal ujian CPNS atau mencontek jawaban yang telah diformat di dalam HP dan telah dipersiapkan dari rumah sebelumnya,” katanya.
Sebanyak 520 peserta mengikuti ujian CPNS di SMA Negeri 1 Lubukpakam. Kelas yang digunakan 26 ruang. Pantauan Tribun sekitar pukul 10.20 WIB, seorang peserta pria menggunakan ponsel saat ujian CPNS berlangsung di ruangan Kelas X 6 SMA Negeri I Lubukpakam.

Baca Juga :  Keputusan KPU Penetapan Hasil Pilkada Kota P.Sidimpuan Tahun 2012 Tidak Ditandatangani Anggota KPU

Ia menyembunyikan ponsel itu di dalam laci meja. Tribun pun mengabadikan saat-saat si peserta ujian CPNS melakukan aksi  curang tersebut. Ia terlihat berkali-kali menarik ponselnya dan membaca teks di monitor. (tribun-medan.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*