DPRD Madina: Batalkan Panwas Pilkada

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah ( DPRD ) Madina meminta agar pimpinan DPRD Madina membatalkan tim panitia pengawas pemilihan kepala daerah. Dengan alasan adanya revisi/peribahan terhadap UU nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan daerah dan dengan terbitnya UU nomor 12 tahun 2008 tentang perubahan UU nomor 32 tahun 2004 Pemerintah daerah.

Permohonan tersebut disampaikan ketua Fraksi perjuangan dan Reformasi DPRD Madina serta anggota Komisi I DPRD Madina, Ali Nafiah.

Diungkapkannya, dalam salah satu pasal 42 ayat (1) huruf I yang berbunyi DPRD mempunyai tugas dan wewenang membentuk panitia Pemilihan Kepala Daerah.

“Dengan membaca dan menelaah seluruh peraturan dan UU saya meminta kepada pimpinan DPRD Madina agar dapat membatalkan keputusan Nomor 170/15/BANMUSY/2010 tentang penjadwalan pembentukan Tim pengawas Pilkada ulang Bupati dan wakil Bupati Madina masa jabatan 2010-2015 tentang perubahan karena telah menyalahi ketentuan da tidak memiliki dasar hukum,” terangnya.

Meskipun demikian, kata Ali Nafiah, DPRD Madina masih memilki tugas dan wewenang melakukan pengawasan dan meminta KPUD Madina dalam penyelenggara Pemilihan kepala daerah sesuai pasal 42 ayat (1)huruf J UU nomor 12 tahun 2008 tentang perubahan kedua atas UU 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah.

Memang kata Ali, dalam pasal 236 A UU tahun 12 2008 ada diatur kewenangan membentuk panitia pengawas pilkada, namun kewenangan tersebut berlaku jika Bawaslu belum membentuk panwas pilkada, sementara daerah akan dan sedang melangsungkan pilkada.

Baca Juga :  Upaya Balik Lagi Jadi Bupati PALAS Terjegal Putusan MA

“Atas telaah pasal UU sudah sangat jelas sehingga saya menilai DPRD Madina tidak memerlukan pembentukan tim pengawas pilkada ulang bupati dan wakil bupati Madina masa jabatan 2010-2015 namun cukup dengan memberdayakan alat kelengkapan komisi I DPRD Madina dalam mempersiapkan langkah-langkah yang diambil DPRD Madina berkaitan pelaksanaan pilkada ulang atau coblos ulang,” kata Ali.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=132280:dprd-madina-batalkan-panwas-pilkada&catid=15:sumut&Itemid=28

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*