DPRD Psp Perjuangkan Insentif Tokoh Adat

SIDIMPUAN-DPRD Kota Psp melalui Komisi I akan berjuang agar nantinya di APBD Kota Psp, para tokoh adat akan mendapatkan insentif. Usulan ini disampaikan sejumlah tokoh adat kepada anggota DPRD dari dapil 3 meliputi Kecamatan Psp Utara dan Hutaimbaru yang melakukan reses pada tanggal 24-28 Mei lalu.

Ketua Forum Komunikasi Lembaga Adat (Forkala) Kota Psp, H Mahmuddin Nasution gelar Sutan Kinaya Sakti kepada METRO, Rabu (1/6) mengungkapkan, perjuangan ini dimaksudkan agar para tokoh adat tetap bersemangat menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial d itengah masyarakat dan penyeimbang serta penegak adat istiadat dan moral ditengah masyarakat.

“Tanpa kehadiran tokoh adat, bisa saja suatu acara itu gagal, makanya untuk menghargai peranan tokoh adat ini perlu kita berikan insentif agar para tokoh adat tetap menjalankan fungsinya ditengah masyarakat,” katanya. Ketua Apepi Kota Psp dan pengusaha toko mas Sri Maju ini menambahkan keberadaan tokoh adat sebagai penegak ada dan moral di masyarakat sangat penting, khususnya untuk menjaga dan melestarikan serta mewariskan adat istiadat didaerah ini. Karena jika tidak dilestarikan maka generasi penerus dimasa mendatang lupa akan jati dirinya karena melupakan asalnya sendiri, dimana dalam adat banyak terdapat filsafat kehidupan dan juga menunjukkan jati diri suatu suku atau bangsa. Sementara itu Ketua Komisi I, Khoiruddin Rambe, Wakil Ketua, Soritaon Siregar, anggota Lukman Siregar yang juga Ketua Fraksi Nasional Bersatu sangat mendukung usulan yang disampaikan para tokoh adat tersebut.

Baca Juga :  KEJADIAN BENCANA BANJIR BANDANG Kec. Muara Batang Gadis

Kemudian ketiganya yang juga anggota DPRD Psp dari dapil III ini menegaskan akan memperjuangkan agar insentif untuk tokoh adat di Kota Psp agar dapat ditampung di APBD Kota Psp. “Kita sangat dukung usulan ini, karena memang pertimbangannya, tanpa tokoh adat kita tidak akan tahu adat istiadat kita sendiri. Bahkan dengan kemajuan zaman, jika tidak dilestarikan maka akan habis dimakan zaman dan dilupakan generasi penerus. Komisi I akan memperjuangkannya di DPRD ini agar insentif untuk tokoh adat di Kota Psp dapat ditampung di APBD Kota Psp,” tegas mereka.  (phn/mer)

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

6 Komentar

  1. HAHAHAHHA.. TERMASUK BAGI2 UANG UNTUK TUKANG KOMBUR DAN TUKANG MANORTOR YANG SUKA “JUAL2” PENABALAN MARGA KHUSUSNYA UNTUK PARA PEJABAT…

    SAYA HIMBAU KEPADA PARA TOKOH ADAT YANG MEMBACA KOMEN INI UTK MENOLAK KERAS INSENTIF TERSEBUT.. KARENA DAPAT MENJATUHKAN MARTABAT KALIAN SAJA…

    SADARILAH INSENTIF INI ADALH SALAH SATU BENTUK PENGHINAAN !!

  2. Semua anggota DPRD yg setuju utk usulan ini perlu dipertanyakan komitmennya utk membangn PSP..APBD seyogianya digunakan utk membangun dalam dapt meningkatkan perekonomian yg pada gilirannya pendapatn masyarakat meningkat menuju masyarakat sejahtera,, bukan bagi2 uang yg mendidik masyarakat utk malas

  3. MACAM GAK NGERTI AJA KALIAN.. ITU SEMUA CUMA SUAP BERKEDOK INSENTIF…
    SUPAYA MILIH INCUMBENT UNTUK PILKADA NANTI… !

  4. Sensitif usulan ini boss…kalau sudah perkara hepeng bisa-bisa semua bisa mengaku jadi tokoh harajaon, hatobangon, hamoraon atau apalah namanya. kalau merasa tokoh adat kenapa mesti digaji berupa insentif ? mestinya diakui orang saja bahwa kita ini sebagai tokoh adat sudah puaslah hati ! ise dei puang ? ima raja na dibanjar on, na betengan i puang, mula na ro ia, na jadi be horja on. oalaaaaaaaaa….. olaaaaaaaaa,….

  5. akkon ma intensif ni Tokoh Adat i di pikirkon leh … Na pengangguran jolo di baen lapangan karejo na … nado tidak tidak do ui da hamu … PNS Gate di sidippuan pe na so di pareso-pareso do pe na … Na porlu sugari intensif ni Veteran Perjuangan Kemerdekaan RI do Porlu Di lehen 150 Juta Sabulan . On tokoh adat …. tokoh adat , sude do tokoh adat kamben. aneh aneh sajong do sannari on … sada pe na dong na beres … kecewaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaa………. ……………. Na setuju au molo i baen intensif ni tokoh adat … ulang pake hamu hepeng pajak ki molo tu tokoh adat …boti maon ….na ikhlas au … ise mangalehen na i sargot porkis api inang ni pat nai …CALON PNS 2010 NA SITERES ARAN NA SO LULUS DI PEMKO PSP .. HHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*