DPRD Tapsel – Bangunan di Tambang Martabe Tanpa IMB

Tapsel, Komisi B DPRD Tapanuli Selatan (Tapsel) menemukan sejumlah bangunan di lingkungan Tambang Emas Martabe Batang Toru, tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Ini merugikan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel),” ujar Anggota Komisi B DPRD Tapsel Mukmin Saleh Siregar ST, kepada Analisa, Minggu (31/6).

Dikatakan, dalam kunjungan kerja Komisi B DPRD Tapsel ke perusahaan tambang emas martabe ada sejumlah pertanyaan yang sulit dijelaskan pihak tambang, termasuk persoalan IMB dan deviden.

“Ketika saya mempertanyakan IMB, pihak tambang tidak bisa menunjukkan,” terangnya.

Dijelaskan, jika dikalkulasi antara jumlah bangunan yang memiliki IMB dengan yang tidak di lokasi Tambang Emas Martabe Batang Toru hanya setengahnya memilki IMB.

“Pihak tambang mengaku sangat taat dengan aturan, apakah ini bentuk taat pada ketentuan yang belaku,” sindirnya.

Menurutnya, sikap Tambang Emas Batang Toru yang tidak mengurus IMB sebelum mendirikan bangunan bukan hanya bentuk pelanggaran terhadap Peraturan Daerah (Perda), tapi juga telah merugikan Pemkab Tapsel dari sektor retribusi IMB.

Diharapkan, Pemkab Tapsel melalui Dinas Perizinan dan Pertambangan untuk tidak tutup mata, dan segera turun tangan melakukan evaluasi terhadap keberadaan tambang martabe.

“Harusnya pihak terkait tidak hanya menerima laporan dari pihak tambang martabe namun turun kelapangan sehingga tahu kondisi yang sebenarnya,” imbuhnya.

Kasi Perivikasi dan Penerbitan Izin Kantor Pelayanan Terpada Satu Atap dan Penanaman Modal Kabupaten Tapsel Sopyan mengatakan, saat ini pihak Tambang Emas Martabe Batang Toru secara lisan sudah menyampaikan akan mengurus izin.

Baca Juga :  Jumlah Penduduk Miskin Madina Di Pertanyakan

“Secara lisan sudah mereka sampaikan, namun sampai saat ini belum sampai,” jelas Sofyan.

Disebutkan, pengurusan izin gardu tidak segampang yang dibayangkan karena harus melengkapi sejumlah berkas.

Senior Manager Tambang Martabe Katarina Siburian Handoko ketika dikonfimasi melalui telepon selulernya mengaku, sedang ada acara penting. (hih)


(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*