DPRD Tapsel Belum Gajian

Kamis, 18 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

TAPSEL-METRO; Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengeluh. Pasalnya, hingga kini mereka belum menerima gaji untuk bulan Januari 2010. Sejumlah anggota DPRD Tapsel, Borkat SSos, Sawal Pane, Ali Imran Hasibuan, dan lainnya kepada wartawan, Selasa (16/2) mengatakan, gaji mereka belum juga dibayarkan oleh sekretariat dewan, sementara saat ini sudah pertengahan bulan Pebruari.

“Kami sudah pertanyakan kepada Sekretaris Dewan (Sekwan), kenapa gaji kami satu bulan belum dibayarkan untuk bulan Januari?” ujar mereka.

Sementara itu, Sekwan DPRD Tapsel, Roddani Hasibuan BA kepada wartawan, Rabu (17/2) di gedung DPRD Tapsel membenarkan gaji 45 anggota DPRD Tapsel untuk bulan Januari belum dibayarkan. Penyebabnya, setelah disahkannya APBD Tapsel TA 2010 4 Pebruari lalu, evaluasi dari Gubsu sampai dengan saat ini belum keluar.

“Kewenangan Gubsu untuk mengeluarkan evaluasi APBD itu selama 2 minggu ini,” katanya.

Usai nantinya evaluasi Gubsu itu keluar, maka peraturan daerah (perda) tentang pembayaran honor anggota dewan seperti tunjangan perumahan, TKI, dan lainnya akan di-SK-kan oleh Bupati Tapsel.

“Kalau belum keluar evaluasi dari Gubsu, Bupati tidak bisa membuat SK-nya, karena harus ada dulu keluar evaluasi dari Gubsu, maka perdanya secara otomatis akan bernomor. Dan Bupati Tapsel baru bisa menandatangani SK untuk pembayaran honor para anggota dewan, paling lama evaluasi Gubsu itu keluar 2 minggu. Tapi sampai sekarang memang belum keluar, makanya anggota dewan belum menerima honornya,” terangnya.

Baca Juga :  Aparat Lakukan Kekerasan Kepada Ratusan Warga Madina

Diakuinya sejumlah anggota dewan sudah mempertanykan hal tersebut kepada dirinya dan sudah diterangkannya, termasuk apa perbedaan antara sistem penggajian PNS dengan anggota dewan.

“PNS-kan digaji dulu baru kerja dengan sumber dananya dari DAU, kalau DPR kan kerja dulu baru dibayar dan sumber dana penggajiannya bukan dari DAU tetapi berdasarkan PAD. Jelas perbedaannya, makanya belum gajian juga, karena evaluasi APBD masih belum keluar dari Gubsu,” jelasnya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 13 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*