Dua Titik Jalan di Jalur, Sosopan Tertimbun Longsor

Selasa, 17 November 2009 – www.metrosiantar.cm

Dua titik jalan lintas Aek Godang-Sibuhuan via Sosopan, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) longsor dan anjlok akibat meluapnya Sungai Aek Ulu Air yang terjadi Minggu malam (15/11) sekira pukul 24.00 WIB. Akibatnya, jalur lalu-lintas lumpuh total.

Camat Sosopan, Ellin Rangkuti SH kepada METRO menerangkan, titik pertama ditemukan di Desa Sianggunan menuju Desa Ulu Air dengan kerusakan jalan sepanjang sekitar 10 meter dengan lebar sekitar 2,5 meter, sehingga mobil tidak bisa lewat, termasuk sepedamotor, karena takut terjatuh ke dasar sungai yang memiliki kecuraman sekitar 15 meter.

Kondisi yang sama berjarak sekitar 4 kilometer dari Desa Sianggunan, tepatnya di Desa Aek Bargot-Pagaran Bilah. Ini juga akibat terjangan sungai Aek Ulu Air dibarengi longsoran bukit yang berada di sisi kiri (arah dari Sibuhuan menuju Sosopan).

Akibat hujan lebat tersebut membuat satu rumah warga milik April Lubis (40) yang semi permanen tertimpa pohon beringin berdiameter sekitar 0,5 meter setinggi sekitar 10 meter. Sehingga atap rumah dan dinding rumahnya rusak. Tidak itu saja, istri April ikut tertimpa reruntuhan dinding rumah dan menyebabkan tangan dan badannya mengalami luka ringan.

Untuk memperlancar jalan, pihak kecamatan, masyarakat, dan intansi terkait mengambil kebijakan sementara dengan mengambil jalan alternatif melewati lahan warga dekat terjangan Aek Ulu Air sekaligus bergotong-royong membersihkan badan jalan yang tertimbun.

Baca Juga :  Jalinsum Taput-Tapsel Diperbaiki

Camat mengimbau warga yang ingin melintas via Sosopan untuk sementara untuk tidak lewat, guna menghindari jebatan dan jalan yang rusak. Diperkirakan tiga hari lamanya ke depan baru bisa difungsikan.

Pantauan METRO, hingga kemarin belum ada alat berat di lokasi longsor. Petugas Dihub juga belum ada turun melakukan upaya antisipasi dikerusakan jalan tersebut.

Dijelaskan Camat, tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah, dan kerusakan fasilitas umum dan milik warga tersebut sudah di laporkan ke Pemkab Palas. (amr)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*