Dubes AS: Saya Tidak Tahu John Jerome CIA

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scott Alan Marciel, mengatakan tuduhan tentang keterlibatan agen CIA dalam kasus Gayus Tambunan merupakan urusan hukum Indonesia. Penyelesaiannya adalah melalui penyelidikan aparat hukum Indonesia, bukan pemerintah AS.

Usai divonis tujuh tahun penjara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 19 Januari 2011, Gayus secara mengagetkan menyatakan ada keterlibatan John Jerome Grice yang disebutnya mengaku sebagai agen CIA. Pernyataan Gayus selengkapnya bisa dibaca di sini.

Duber AS untuk Indonesia, Scott A. Marciel (allvoices.com)

“Saya tidak tahu siapa orang Amerika yang bernama John Jerome itu. Saya tidak pernah dengar sebelumnya,” kata Marciel usai bertemu pimpinan Komisi I DPR RI di Jakarta, Rabu, 19 Januari 2011.

Dia menuturkan, dalam hukum Amerika, tidak diperkenankan mengungkapkan data pribadi seseorang tanpa izin dari yang bersangkutan. “Tapi yang dapat saya katakan adalah, kasus Gayus ini terjadi di Indonesia dan merupakan kasus hukum Indonesia, tidak ada kaitannya dengan AS,” ujar Marciel.

Marciel juga menolak menanggapi pertanyaan benar tidaknya Grice adalah seorang agen CIA seperti diungkapkan Gayus.

“Kami tidak dapat memberitahukan informasi apapun mengenai badan intelijen. Saya tidak diizinkan membicarakan masalah ini. Ini adalah kasus Indonesia, dan jangan sampai kasus ini merusak hubungan dengan AS,” ujarnya. (vivanews.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Utang RI Rp 1.625,63 triliun Masih Rendah Dibanding Negara Lain

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*