Duet Samsung-Microsoft dalam Tablet Windows 8 Coba Hadang iPad

TEMPO Interaktif, Seoul – Dua perusahaan besar, Samsung dan Microsoft dikabarkan akan berkolaborasi untuk menantang dominasi Apple dalam pasar komputer tablet.

Dikutip dari situs teknologi CNET, Jumat, 9 September 2011, sebuah surat kabar lokal bertajuk Korea Economic Daily mengabarkan tablet tersebut akan berjalan dengan sistem operasi Windows 8. Masih menurut media lokal itu, Samsung berencana meluncurkan tablet itu di konferensi Microsoft yang berlangsung di Anaheim, California, pekan depan.

Jika benar tablet Samsung selanjutnya akan mengadopsi platform Windows 8, artinya ini adalah merupakan kerja sama pertama untuk perangkat tablet antara perusahaan Korea itu dengan raksasa software asal Amerika Serikat. Sejauh ini, baik Microsoft maupun Samsung menolak memberikan konfirmasi atas pemberitaan ini.

Kemunculan Windows 8 sudah tercium beberapa bulan terakhir. Sebuah dokumen yang bocor pada Juni lalu menyebut Microsoft sedang mengembangkan sebuah sistem operasi yang mendukung perangkat tablet dan telah dioptimalisasi untuk prosesor ARM berdaya rendah.

Microsoft juga diketahui sudah sejak lama berhasrat untuk menantang dominasi Apple dan berbagai tablet berbasis Android yang dikeluarkan Google. Pada Juli tahun lalu misalnya, CEO Microsoft, Steve Ballmer mengatakan bahwa menciptakan tablet merupakan “tugas nomor wahid”, meskipun setelah itu tak ada tindak lanjut dari pernyataan tersebut.

Sementara itu, Samsung sudah menelurkan smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 7, tetapi sejauh ini lini Galaxy tab masih mengandalkan Android untuk sistem operasinya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Otak Lebah Mampu Kalahkan Komputer

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*