Dzikir Akbar di Mesjid Al Munawwir Sipirok – Dzikir Merupakan Penyeimbang Kebutuhan Dunia dan Akhirat

%name Dzikir Akbar di Mesjid Al Munawwir Sipirok Dzikir Merupakan Penyeimbang Kebutuhan Dunia dan Akhirat
Majelis Dzikir Az-Zikra Sipirok Bersama Al Ustad H. Rizal Mahaputra photo bersama setelah Dzikir Akbar selesai di Mesjid Al Mun

Pelaksanaan Dzikir Akbar di Masjid Al Munawwir Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Minggu (24/10) lalu, berlangsung dengan khusyuk yang dipimpin oleh Al Ustad Rizal Mahaputra dari Medan selaku ketua Umum Adzukra Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan dzikir tersebut dihadiri sekitar seribu umat muslim dari Kecamatan Sipirok, Kecamatan Arse, dan Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH).

Dalam Tausyiahnya, Al-Ustad H Syahminan Rangkuti menyampaikan, berdzikir kepada Allah SWT merupakan ciri dan identitas seorang Muslim, Selain sebagai identitas keislaman  zikir juga adalah kebutuhan sehari-hari karena dzikir mempunyai faedah yang sangat berguna, baik dalam kehidupan dunia ataupun akhirat kelak.  “Ada beberapa kautamaan yang kita peroleh dengan memperbanyak dzikir pertama secara otomatis dosa-dosa pun akan terampuni dan sekaligus mendapatkan pahala yang besar. Kedua, dzikir akan memperkuat dan menyeimbangkan kejiwaan dalam menghadapi lika-liku kehidupan yang diwarnai dengan banyaknya permasalahan hidup dan berbagai macam musibah, karena dzikir dapat menjadikan hati tenang dan tenteram. Ketiga, dengan banyak mengingat Allah, maka Allah pun akan banyak mengingat kita. Keempat, dengan memperbanyak dzikir kepada Allah SWT, kita akan mendapatkan keberuntungan, baik di dunia ataupun di akhirat.” papar Ustadz.

Ketua Az – Zikra Kabupaten Tapanuli Selatan Hj Rahmianna Delima Pulungan berharap kedepan kegiatan zdikir tersebut yang digelar untuk ketiga kalinya, tidak hanya terpusat di Sipirok akan tetapi secar bergiliran akan digelar di kecamatan – kecamatan lain di Kabupaten Tapanuli Selatan.”melihat antusias peserta dzukir, kedepan akan kita gelar diberbagi Kecamatan,” katanya        Disamping itu katanya, dinamika kehidupan pada abad 21 ini menekankan ummat untuk berkarya secara abstrak dan dinamis, akan tetapi perlu menyeimbangkan kehidupan duniawi yang fana dengan kehidupan religius. Untuk itu, keutamaan berdzikir tentunya bisa menentramkan hati dalam meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Baca Juga :  Tawaran Madrid Ditolak, Forlan Tak Kecewa

Sipirok yang merupakan Ibu kota sekaligus Pusat Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan sangat erat kaitannya dengan kegiatan dzikir. Dalam 3 tahun terakhir ini sangat aktif mengembangkan kegiatan keagamaan terutama dalam percontohan kegiatan dzikir di Tapanuli Selatan.

Ketua Az – Zikra Sipirok      Dewi Murni Pohan menyampaikan, kegiatan ini tidak bersifat insidentil saja, setelah ini kita akan bekerjasama dengan nazir – nazir masjid untuk menggalakan kegiatan ini dan tentunya saya sangat berharap kepada semua lapisan masyarakat mau berlomba – lomba dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terlebih pola kehidupan saat ini yang begitu rentan akan terjadinya degradasi moral.

Sementara itu, Faisal Reza Pardede yang ditemui pada kesempatan dzikir akbar tersebut menyampaikan kegiatan ini lebih menyentuh karena nuansa ibadahnya lebih terasa, kita berdzikir bersama, Sholat Tasbih, mendengarkan Tausyiah. Kegiatan keagamaan lain juga sangat baik tapi saya merasa acara ini minim seremonial dan hiburannya sehingga lebih khusyuk menjalankan ibadah.

Disamping itu juga Faisal menyampaikan dalam rangka syiar Agama Islam dan untuk memazmurkan Mesjid kita akan membantu guru – guru mengaji di desa – desa, untuk tahap awal ini kita membantu guru mengaji di Desa Pangaribuan dan Desa Gadu. Tujuannya kedepan kita harapkan anak – anak di desa – desa bisa membaca Al Qur’an dengan baik, kita meminta kepada guru mengaji minimal melaksanakan pengajian dua kali seminggu di Mesjid dari17.30 WIB – 20.00 WIB. Dengan demikian anak – anak tersebut secara otomatis akan sholat di Mesjid sehinnga pada akhirnya akan terbiasa dengan kegiatan ibadah di Mesjid.Hadir pada Dzikir Akbar tersebut, Plt. Camat Sipirok, unsur muspika, Nyonya Wakil Bupati, Hj. Rahmianna Delima Pulungan, beberapa Pengurus Az-Zikra Kabupaten Tapanuli Selatan, Ketua Az-Zikra Provinsi Sumatera Utara H Rizal Mahaputra, (ran)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Bendahara Satpol PP Kab. Mandailing Natal Serahkan Diri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*