Emas & Minyak Palas akan Dipamerkan di PRSU

www.metrosiantar.com

goldbar Emas & Minyak Palas akan Dipamerkan di PRSU PALAS-METRO; Kekayaan hasil tambang alam berupa minyak bumi di Kecamatan Barumun Tengah (Barteng) dan tambang emas di Batang Lobu Sutam, Kabupaten Padang Lawas (Palas) akan dipamerkan dalam Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-39 di Medan yang berlangsung 19 Maret hingga 18 April mendatang. Selama ini kekayaan tambang di Palas belum terekspos ke luar untuk menarik minat investor dalam menggali potensi sumber daya alam (SDA) yang ada.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Palas, Drs Muda Hamonangan Siregar didampingi Kabid Perdagangan Dingin Rambe, dan Ikhwan Saleh Siregar kepada METRO, Minggu (14/3) menjelaskan, PRSU merupakan ajang promosi kepada dunia luar, baik hasil pencapaian pembangunan maupun rencana pembangunan yang akan ditargetkan di masa mendatang.

Begitu juga dengan hasil potensi daerah seperti pariwisata, kekayaan tambang alam, kerajinan serta produk unggulan daerah, dan corak hidup masyarakat daerah yang memiliki potensi dalam pengembangannya.

“Selain itu, juga akan dipamerkan berupa produk hasil kerajinan pandai besi khas daerah berupa dodos, kampak, pahat, egrek, pisau, deres dari UKM Bulu Sonik, Latong dan Huristak. Begitu juga dengan hasil tenunan kain dari Huristak,” ujarnya.

Ditambahkan Hamonangan, banyak juga yang akan dipamerkan dalam stand Palas di arena PRSU Medan nantinya. Yakni ada hasil alam dari Sosopan yang terkenal, yakni kayu kulit manis, sawit super Palas mulai dari cara pembuatannya hingga menjadi minyak goring, termasuk 7 pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di Palas. Kemudian ada candi di Kecamatan Barteng, yaitu candi Tandihat dan candi Pamutung Siparahu yang merupakan peninggalan sejarah umat Hindu dan Buddha pada zaman dahulu.

Baca Juga :  Gunakan logo pemda lain , Spanduk Ketua DPRD Dipertanyakan

“Kita berharap dengan digelarnya pameran PRSU ini minat investor masuk ke Palas semakin tinggi khususnya dalam melirik potensi daerah yang memiliki kekayaan alam yang tinggi, tapi belum terjamah dalam penggalian potensinya,” pungkasnya. (amr)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Anggo nabahat do sere dihitaan, hita pangidoma tu Bupati dohot Kepala Dinas Pertambangan, aso dikeluarkon dihita izin pertambangan rakyat, aso bisa hita nikmati hasilna. Tu Kepala Dinas Pertambangan hami pangido sanga biado prosedur pangurusan ni izinna.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*