Empat Unit Damkar Pemko Sidimpuan Rusak Parah

Sebanyak empat dari lima unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota Padangsidimpuan dalam keadaan rusak.

Hal itu diketahui saat Komisi II DPRD P. Sidimpuan meninjau langsung Damkar yang berada di halaman Kantor Walikota setempat, Selasa (20/7).

Kerusakan paling parah terlihat pada, selang dan mesin tempel (mesin penembak air) yang bocor. Kelima Damkar itu juga terlihat tidak terawat khususnya pada cat mobil yang mulai terkelupas.

Wakil Ketua Komisi II DPRD P. Sidimpuan Khoiruddin Nasution mengaku prihatin dengan kondisi ini dan berharap agar Walikota P. Sidimpuan lebih memperhatikan kondisi Damkar tersebut, karena fungsinya yang vital pada setiap peristiwa kebakaran.

“Jika kondisi Damkar seperti ini, bagaimana mungkin kobaran api yang melahap sebuah rumah dapat dipadamkan, “ujarnya kepada Analisa disela-sela tinjauan.

Koir juga mengaku heran kenapa tidak ada perawatan terhadap kelima unit Damkar tersebut padahal anggaran perawatan mobil itu sudah dianggarkan.

Namun demikian Khoir berjanji akan menindak lanjuti temuaan kondisi Damkar ini dalam rapat anggaran di DPRD P. Sidimpuan.

“Semoga kita dapat memperjuangkan anggaraan perbaikan atau pengadaan Damkar baru di Sidimpuan, “katanya.

Kasi Operasional Pencegahan Pemadam Kebakaran Sadidin Akhmad.S, Sawaluddin kepada Analisa mengakui kondisi Damkar tersebut. “Dari lima unit Damkar yang kami milik hanya satu yang berfungsi baik, itupun mobil keluaran Tahun 1964, “tuturnya.

Baca Juga :  Munmen Serang Warga Tapsel ; Satu Meninggal, 23 Orang Dirawat

Dijelaskan, keempat Damkar lainnya merupakan keluaran tahun 2004 namun tidak dapat berfungsi optimal karena mengalami kerusakan dibagian mesin tempel.

Diharapkannya, komisi II DPRD P. Sidimpuan dapat memperjuangkan anggaran untuk perbaikan Damkar tersebut, sehingga tugas pemadam kebakaran dapat kembali berjalan optimal.

Awaluddin mengatakan, selain perbaikan fasilitas Damkar, pihaknya membutuhkan mesin pompa dan selang air. Mesin pompa dan selang air katanya berguna untuk memberi pertolongan pertama pada saat terjadi kebakaran di lokasi-lokasi padat penduduk yang tak bisa dilalui mobil pemadam.

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=62552:empat-unit-damkar-pemko-sidimpuan-rusak-parah&catid=51:umum&Itemid=31

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*