Enam Bulan Jelang Pilkada Sidimpuan – Belum Satupun Kandidat Walikota yang Nyatakan Siap Maju

P. Sidimpuan, (Analisa). Meski Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padangsidimpuan tinggal enam bulan lagi, namun belum ada satupun kandidat yang menyatakan kesiapannya untuk maju.

Pantauan Analisa Kamis (13/11), kondisi perpolitikan di Kota P. Sidimpuan masih terkesan adem-ayem dan tidak satupun terlihat adanya aktivitas yang berbau pencalonan walikota.

Jika mengaca pada Pilkada lalu, para kandidat biasanya sudah mulia melakukan upaya pendekatan terhadap masyarakat dengan menggelar berbagai kegiatan-kegiatan.

Namun anehnya, saat ini malah sebaliknya dan terkesan para kandidat ini malu-malu untuk mendeklarasikan dirinya lebih awal.

Upaya pendekatan para balon kandidat terhadap partai-partai politik (Parpol) yang ada di Kota P. Sidimpuan juga belum terlihat sama sekali.

Hal itu sesuai dengan pernyataan Ketua DPD Partai Demokrat Kota P. Sidimpuan H. Khoiruddin Nasution SE yang mengaku, belum ada satupun figur yang mulai melakukan pendekatan terhadap partai yang dipimpinnya itu.

“Kondisi itu juga dialami Parpol lain khususnya yang memiliki perwakilan di DPRD Kota P. Sidimpuan, ” ungkapnya.

Ditanya kenapa demikian, Khoiruddin Nasution mengaku tidak tahu alasan para kandidat yang ingin berkompetisi pada Pilkada yang dari hitunganya akan dimulai Juni 2012 mendatang itu.”Saya tahu pasti alasan mereka. Tapi bila mengaca pada Pilkada lalu, saat ini sudah banyak kandidat yang melakukan pendekatan dengan Parpol. Mungkin mereka pada ingin membuat kejutan-kejutan, ” ujarnya sembari tersenyum.

Baca Juga :  Lowongan Badan Amil Zakat Nasional (s/d 30 Juni 2010)

Pengamat Politik Kota P. Sidimpuan yang juga mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota P. Sidimpuan Muhammad Sukri Pulungan mengatakan, kondisi tersebut merupakan sebuah fenomena baru di kota dalihan natolu ini.

“Bayangkan saja, Pilkada lalu, satu atau dua tahun sebelum hari H kita sudah mengetahui bakal balon yang akan maju. Namun sekarang, meski tinggal enam bulan lagi, kita tidak tahu sama sekali. Inikan namanya fenomena baru, “katanya.

Sukri menilai, belum adanya figur yang menyatakan siap maju hingga min enam bulan ini, bisa disebabkan adanya ketakutan dari para kandidat bakal mengeluarkan uang (cost) lebih besar.

“Mungkin mereka mengacu pada pilkada -pilkada sebelumnya, dimana figur yang jauh hari muncul kepermukaan kerap harus berakhir dengan kekalahan meski sudah mengeluarkan cost yang cukup besar, “terangnya.

Hal senada diungkapkan mantan Ketua HMI Cabang P. Sidimpuan Muhammad Asroi yang menilai adanya ketakutan berlebihan dari para figur yang akan mengikuti kompetisi Pilkada tersebut.

“Saya pikir, ketakutan para kandidat itu terlalu berlebihan, namun satu sisi tekhnik itu benar adanya mengingat paradigma politik masyarakat kita yang terkesan materealistis, “katanya.

Diharapkannya, sifat malu-malu para kandidat untuk muncul kepermukaan dapat segera diakhiri, agar masyarakat dapa lebih mengenal para calon balon walikota yang akan maju pada Pilakada Kota P. Sidimpuan mendatang.

“Hilangkan sikap apriori. Mulailah perkenalkan diri dan program kepada masyarakat. Agar nantinya masyarakat lebih mengenal figur yang mereka kenal, ” imbuhnya. (hih)

Baca Juga :  Perdana Digelar, Marathon 10 K di Madina Meriah

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*