ENAM KALI PIALA ADIPURA SIBOLGA – Pasukan Kuning Harapkan Kenaikan Upah

Enam kali berturut-turut Kota Sibolga memperoleh Piala Adipura, lambang kota bersih. Namun kesejahteraan petugas kebersihan (pasukan kuning) masih memprihatinkan. Wajar jika mereka berharap kenaikan upah.

Pasalnya, setiap tahunnya harga kebutuhan pokok selalu meningkat, sehingga dengan prestasi yang diraih tersebut sangat diharapkan Pemko Sibolga dapat memikirkan untuk menaikkan upah mereka dan seluruh pasukan kuning mendapat jaminan kesehatan.

Salah seorang petugas kebersihan Kota Sibolga, R br Tobing (50) didampingi rekannya sesama pasukan kuning saat ditemui Global, kemarin di sela-sela membersihkan parit di Jalan Dr FL Tobing Sibolga mengaku sangat bangga dan sangat senang mendengarkan Kota Sibolga kembali meraih Piala Adipura dari Presiden RI untuk keenam kalinya.

Tapi, katanya, tentunya rasa bangga saja bagi seluruh pasukan kuning belumlah cukup. Karena pada umumnya anggota pasukan kuning tersebut berasal dari keluarga yang hidup pas-pasan, bahkan ada dari keluarga yang kehidupannya memprihatinkan dari bulan ke bulan.

“Sejak tahun 2001 saya bekerja menjadi petugas kebersihan di Dinas Kebersihan, Penataan Ruang dan Pertamanan (KPRP), sudah lima kali Kota Sibolga meraih Piala Adipura. Dan saat digelar acara penyambutan, biasanya kami hanya diberikan bingkisan oleh walikota,” tutur ibu 3 anak ini seraya berharap agar Pemko Sibolga dapat menaikkan upah mereka mengingat segala sesuatunya yang berhubungan dengan kebutuhan pokok juga turut naik.

Baca Juga :  Jelang Waisak di Candi Bahal - Umat Buddha Serahkan Paket Sembako

Selain itu, lanjut Br Tobing, dari sebanyak 287 personel THL lapangan dianggap perlu mendapat perlindungan dari Pemko Sibolga secara serius karena mereka dekat dengan sampah setiap harinya yang rentan dengan berbagai penyakit.
Sementara petugas kebersihan telah berjuang dengan masa kerja satu harian penuh menahan rasa penat dan keringat yang mereka kucurkan di bawah panas terik matahari hanya untuk mendapatkan upah sebesar Rp30.000 per hari.

“Maka itu, sangat perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi seluruh petugas kebersihan Kota Sibolga ini. Selama ini perhatian pemerintah khusus untuk jaminan kesehatan bagi kami petugas kebersihan tidak ada,” ungkapnya diamini rekan – rekannya.

Sumber: http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=38539:enam-kali-piala-adipura-sibolga-pasukan-kuning-harapkan-kenaikan-upah&catid=32:sumut-dan-aceh&Itemid=58

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*