Ende Togar Togar Ni Sipirok

Oleh: Shohibul Anshor Siregar *)

PEMEKARAN di Tapanuli Selatan masih menyisakan banyak masalah, termasuk soal ibukota yang hingga kini tak kunjung direalisasi. Di luar itu banyak hal yang perlu dibenahi di Tapanuli Selatan, mungkin melebihi apa yang seharusnya dibenahi di kabupaten baru yang dipisahkan dari Tapsel: Padanglawas Utara dan Padanglawas.

Syair ini dibuat untuk mendorong Tapanuli Selatan agar lebih akseleratif dalam membangun, tentu saja termasuk dalam akselerasi pemindahan pusat pemerintahan ke Sipriok sesuai dengan amanat UU Nomor 37 dan 38 tahun 2007. Saya berharap lagu ini dapat diarrange oleh Muchlis Simatupang, seorang seniman asal Sipirok yang berdomisili di Jakarta.

Kepada rekan-rekan yang lain seperti Faisal Reza Pardede diharapkan kelak dapat membuat sebuah perhelatan seni di Sipirok berupa festival band anak muda yang salah satu lagu wajibnya adalah lagu ini. Tentu rekan Bangun Siregar, Moan Siregar, Zulkarmedi Siregar dan lain-lain, termasuk Ucokblueeagle (Jambi) dan Ziebart Siregar (Sipirok) beserta kerabat lainnya dapat membantu.

Kita ingin mendorong masyarakat untuk akselerasi kemajuan.

_____________________________________________________________________________

*) Penulis: dosen sosiologi politik FISIP UMSU, Koordinator Umum nBASIS

sohibul copy Ende Togar Togar Ni Sipirokn’BASIS adalah sebuah Yayasan yang didirikan tahun 1999 oleh sejumlah akademisi dan praktisi dalam berbagai disiplin (ilmu dan keahlian). ‘nBASIS adalah singkatan dari Pengembangan Basis Sosial Inisiatif dan Swadaya dan memusatkan perhatiannya pada gerakan intelektual dengan strategi pemberdayaan masyarakat, pendidikan, perkuatan basis ekonomi dan kemandirian individu serta kelompok.
_____________________________________________________________________________

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Demokrat (SBY) Balik Kucing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*