Etnis Nias Di P. Sidimpuan Masih Termarjinalkan

sumber: www.waspadaonline.com
Posted by Postinus Gulö on January 29, 2008

P.Sidimpuan, WASPADA Online

Etnis Nias yang sebagian besar berdomisili di pinggiran kota dan di perbukitan masih termarjinalkan di Kota Padang Sidimpuan dan tidak terdata akibat kelalaian pemerintah daerah.

Hal itu dikemukakan anggota DPRD P. Sidimpuan Sahat Tua Sinaga, pada pelantikan pengurus DPC Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) di Alaman Bolak Padang Nadimpu, Sabtu (26/1). Dia mengemukakan, semoga HIMNI yang baru dibentuk ini mampu berperan aktif dan bekerjasama dengan Pemko P.Sidimpuan. Terutama, dalam melakukan pendataan keberadaan warga Nias melalui Sistim Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Hadir dalam pelantikan itu, Sekretaris DPD HIMNI Sumut, Drs. Kosmas Harefa, Bendahara Drs. Arosohi Harefa, SH, MH, Wakil Sekretaris, Saroni Giawa, SE, Ketua MPO HIMNI Sumut, Drs.Yaman Harefa dan Drs. Primuadi Hia, SPd. Unsur Muspida P.Sidimpuan, Ketua DPC HIMNI Tapteng, Ketua DPC HIMNI Sibolga serta ribuan masyarakat Nias.

Sementara, Wakil Walikota P.Sidimpuan, Maragunung Harahap, mengharapkan HIMNI bisa memberi konstribusi positif dalam pembangunan ke depan. Pengurus diajak menjalin sinergi yang strategis dan konstruktif. Kemudian mampu tampil sebagai penggerak perubahan yang positif di tengah masyarakat.

Pelantikan DPC HIMNI dilakukan Ketua DPD HIMNI Sumut, Ir. Sudirman Halawa, SH. Acara yang berlangsung di inti kota itu dihadiri seribuan masyarakat Nias. Pada pelantikan itu, digelar berbagai kesenian warga Nias, seperti atraksi Lompat Batu, Tari Perang, Tari Moyo, dan Tari Maena.

“HIMNI sebagai organisasi masyarakat, berdiri tahun 2000 lalu. Saat ini memiliki 10 DPD dan 26 DPC di seluruh Indonesia. Tujuan pembentukannya guna menghimpun potensi masyarakat Nias yang ada diperantauan, ” kata Ketua DPD HIMNI Sumut.

Sedangkan Ketua DPC HIMNI Kota P. Sidimpuan, Budiaro Harefa, SH, mengatakan, salah satu program yang mendesak adalah melestarikan budaya Nias dengan pelatihan-pelatihan . “Kami harap Pemko P.Sidimpuan dapat memperhatikan keberadaan kami, sehingga dapat berperan dalam membangunan daerah ini,” kata Budiaro.

Susunan pengurus DPC HIMNI Kota P. Sidimpuan periode 2007-2011 yang dilantik antara lain, Ketua Badan Pengurus Harian Budiaro Harefa, SH, Sekretaris, Rozama Gea, S.Sos, Bendahara, Elifati Harefa, S.Sos, serta berbagai seksi, diantaranya Ketua Seksi Litbang dan Kaderisasi, Azmin Gea. (a20)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Etnis Nias Di P. Sidimpuan Masih Termarjinalkanfacebook Etnis Nias Di P. Sidimpuan Masih Termarjinalkantwitter Etnis Nias Di P. Sidimpuan Masih Termarjinalkanlinkedin Etnis Nias Di P. Sidimpuan Masih Termarjinalkanemail Etnis Nias Di P. Sidimpuan Masih Termarjinalkanprint Etnis Nias Di P. Sidimpuan Masih Termarjinalkan

3 Comments

    • okey thanks berat bah lae… kita masih newbie kok… mohon didukung yah… kami sudah masuk ke blog anda sangat bagus… dan jadi pengen juga nih…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*