Etnis Tamil di Medan Rayakan Waisak dengan Lepas Burung

Perayaan Tri Suci Waisak 2554 yang dilakukan sebagian etnis Tamil di Medan diwarnai aksi pelepasan burung, Jumat (28/5/2010) siang. Pelepasan itu sebagai simbol kebebasan makhluk menjalankan kepercayaan menurut keyakinannya masing-masing.

Pelepasan burung dan balon tersebut berlangsung di Vihara Loka Shanti, Jl Karya Pembangunan, Medan Polonia. Tak kurang ada 600 penganut Buddha dari etnis Tamil yang hadir di vihara ini.

Pandita Brahmana Putra mengatakan, pelepasan burung merupakan simbol kebebasan seluruh makhluk dalam melakukan seluruh aktivitas tanpa adanya belenggu, termasuk menjalankan kepercayaan menurut keyakinan masing-masing.

“Burung juga makhluk hidup. Semua makhluk hidup layak menikmati kebebasan. Sesuai dengan ajaran Buddha yang mengajarkan cinta kasih,” kata Bramana Putra.

Kumar, salah seorang warga yang ikut merayakan Waisak di Vihara Loka Shanti menyatakan, umat Buddha di Medan berharap Indonesia keluar dari kerusuhan dan berbagai masalah, termasuk perseteruan antarelit politik.

“Semoga negara kita tidak terus-menerus dilanda permasalahan dan elit politik tidak gontok-gontokan terus,” kata Khumar.

SUmber: http://www.detiknews.com/read/2010/05/28/154428/1365667/10/etnis-tamil-di-medan-rayakan-waisak-dengan-lepas-burung?991102605

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*