F1 Menuju Mesin Ramah Lingkungan

F1 bakal menggunakan mesin yang lebih akrab lingkungan, menyusul perubahan beberapa peraturan lainnya. Namun, aplikasi penggunaan mesin baru itu sendiri baru akan dilakukan pada musim 2013.

%name F1 Menuju Mesin Ramah Lingkungan
F1 (Getty Images)

Perubahan perturan-peraturan tersebut dilakukan pada pertemuan Wold Motorsport Council yang dilakukan di Monako, Jumat (10/12/2010) waktu setempat. Salah satu perubahan peraturan yang siginifikan adalah dicabutnya larangan untuk melakukan team order.

Perubahan lainnya adalah mengenai regulasi mesin. Kalau sekarang mesin-mesin jet darat F1 menggunakan mesin 2,4 liter V8, maka mulai 2013 mobil-nobil F1 akan menggunakan mesin 1,6 liter dengan empat silinder.

FIA mengatakan, mesin baru akan mengurangi penggunaan bahan bakar sampai 35 persen.

“Menyusul pembicaraan dengan para pemasok mesin dan para ahli di bidang ini, kekuatan mesin akan menjadi 1,6 liter dengan empat silinder serta pressure injeksi bensin sampai 500 bar dengan maksimal mencapai 12.000 rpm,” demikian statemen FIA seperti dilansir Reuters.

Setiap pembalap diizinkan memakai lima mesin mulai tahun 2013. Namun, jumlah tersebut akan diturunkan menjadi empat pada 2014.

Musim 2010 ini, dengan 19 seri balapan, para pembalap diizinkan menggunakan delapan, dengan penalti 10 grid setiap kali ada jika mengganti mesin lagi melebihi jumlah tersebut. (detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Rekapitulasi Hasil Pileg KPU Tapsel Berlangsung Alot

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*