F1 Takkan Lebih dari 20 Seri

Banyaknya jumlah seri Formula 1 dalam satu musim mendapat kritik dari para pelakunya. Supremo F1 Bernie Ecclestone pun menjamin kalau 20 adalah angka maksimalnya.

Musim ini, F1 digelar di 19 tempat. Jumlah ini adalah yang terpanjang sejak tahun 2005. Tahun depan, jumlah seri akan bertambah jadi 20 karena India menjadi penyelenggara teranyar.

Bahkan, jika tidak ada balapan yang dicoret pada 2012, jumlah balapan bisa membengkak jadi 22 karena ada dua kandidat kuat tuan rumah baru, yakni Amerika Serikat dan Roma.

“Kami ingin menggelar balapan lebih banyak karena ini bagus buat F1, tapi ini sudah menyentuh tahap kritis yang bisa ditanggung orang-orang,” kritik bos Mercedes GP Ross Brawn.

“Sebuah musim dengan 19 balapan saja sudah terlalu banyak bila dilihat dari kacamata sponsor. Kita punya event promosi, latihan, tes dan perbaikan. Jadi, ada beban tambahan dan kami harus mengatur waktu kami dengan lebih efisien,” ujar pembalap McLaren Lewis Hamilton.

Ecclestone bukannya tidak mendengar kritik yang muncul. Ecclestone pun berjanji untuk membatasi balapan di sebuah musim maksimal 20 seri saja.

“Jujur, kita harusnya tidak (membalap) lebih dari 16 seri,” jawab Ecclestone dalam wawancara dengan Times of India yang dikutip Auto123 Racing.

“Dua puluh itu banyak, itu batasnya. Tidak lebih. Saya bisa membatasinya jadi 20 tapi saya tidak mau menambahnya. Nanti bisa terjadi kekacauan,” jamin Ecclestone.

Baca Juga :  Madrid Menang, Mourinho Dua Kali Pecundangi Van Gaal

( arp / nar )

Sumber : http://www.detiksport.com/read/2010/09/21/221419/1445223/80/f1-takkan-lebih-dari-20-seri?s99110169

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*