Festival Kopi dan Pesta Rakyat Kab Tapsel Akan Di Gelar Awal Agustus 2015

FESTIVAL KOPI & PESTA RAKYAT
KABUPATEN TAPANULI SELATAN
1,2, dan 3 Agustus 2015

FESTIVAL KOPI & PESTA RAKYAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN merupakan event tahunan yang digelar masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan dan dipusatkan di Kota Sipirok, ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pada awalnya, acara ini bertajuk FESTIVAL KOPI SIPIROK dan digelar pertama kali pada Juli 2015.

FESTIVAL KOPI SIPIROK buah dari gagasan masyarakat Sipirok yang sejak lama mengharapkan ada event untuk memperkenalkan komoditas kopi asal Sipirok kepada masyarakat luas.

Setelah berkali-kali masyarakat yang sebagian besar petani, pengusaha kopi, aktivis pemberdayaan masyarakat, dan tokoh-tokoh masyarakat di Kecamatan Sipirok berdiskusi sejak 2013, baik formal maupun informal. Akhirnya gagasan mengkristal untuk membentuk FESTIVAL KOPI SIPIROK.

Kendala muncul soal pembiayaan dari kegiatan yang membutuhkan dana besar ini, gagasan pembuatan event FESTIVAL KOPI SIPIROK kemudian dikomunikasikan kepada masyarakat perantau asal Kabupaten Tapanuli Selatan yang ada di berbagai kota di Nusantara.

Gayung bersambut, masyarakat perantau menyetujui dan akhirnya digelar FESTIVAL KOPI SIPIROK yang pertama dengan mengambil momentum mudik lebaran tahun 2014. FESTIVAL KOPI SIPIROK diisi berbagai kegiatan seperti: pemecahan Rekor Muri Minum Kopi Luwak 5000 Orang, stand pameran hasil produk industry olahan biji kopi, penampilan seni-tradisi masyarakat, dan pemilihan putra-putri kopi.

Gaung event ini sangat besar, karena dikerjakan secara gotong-royong oleh masyarakat Sipirok yang sengaja datang dari berbagai desa. Bahkan, masyarakat dari berbagai pelosok di Kabupaten Tapanuli Selatan datang berduyun-duyun untuk mensukseskan perolehan Rekor Muri Minum Kopi Luwak Sipirok.

Baca Juga :  Pembangunan Jalan Alternatif Aek Latong Dilanjutkan

Perolehan Rekor Muri Minum Kopi Luwak Sipirok mendapat respon positif dari Bupati Tapanuli Selatan beserta satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) yang kemudian berjanji akan menjadikan event FESTIVAL KOPI SIPIROK sebagai event tahunan bagi masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Janji Bupati Tapanuli Selatan, H. Syahrul M. Pasaribu, beserta SKPD kemudian direalisasikan tahun 2015 ini dengan menggelar FESTIVAL KOPI & PESTA RAKYAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN yang akan digelar selama 3 (tiga) hari, pada tangal 1, 2, dan 3 Agustus 2015 di lapangan bekas balairung Kelurahan Pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok.

Perubahan nama dari FESTIVAL KOPI SIPIROK menjadi FESTIVAL KOPI & PESTA RAKYAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN disepakati untuk mengakomodir kepentingan seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan agar merasa memiliki event yang akan ditetapkan sebagai acara tahunan di Kabupaten Tapanuli Selatan. Sebagai tahunan masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan ikut ambil bagian memeriahkan rangkaian acara.

PERAYAAN MUSIM PANEN

FESTIVAL KOPI & PESTA RAKYAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN 2015 yang akan digelar selama tiga hari diniatkan digelar bersamaan dengan selesainya masa panen padi hasil-hasil budidaya pertanian dan perkebunan masyarakat di beberapa kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dua sector usaha ini, pertanian dan perkebunan, merupakan sector ekonomi yang paling dominan menggerak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tapanuli Selatan. Pelaku usaha perkebunan dan pertanian di Kabupaten Tapanuli Selatan adalah masyarakat petani yang masih bekerja secara tradisional.

Untuk penghormatan kontribusi usaha para petani terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tapanuli Selatan, FESTIVAL KOPI & PESTA RAKYAT digelar sebagai momentum perayaan musim panen. Layaknya sebuah perayaan pesta panen akan diisi berbagai kegiatan sebagai berikut:

Baca Juga :  CR 7 Terkena Penyakit

1. MAKAN BERSAMA

Makan Bersama merupakan acara utama dalam FESTIVAL KOPI & PESTA RAKYAT yang melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Acara Makan Bersama atau horja ditandai dengan penyembelihan hewan berupa seekor kerbau (Bubalus bubalis) secara adat masyarakat Batak dari etnis Angkola yang merupakan penduduk asli di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Setelah penyembelihan kerbau, dilanjutkan dengan memasak daging kerbau bersama-sama untuk dipersiapkan dalam acara Makan Bersama di lapangan bekas balairum Kelurahan Pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok.

Proses Makan Bersama melibatakan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan yang datang pada acara. Tanpa pengecualian, siapa saja boleh ikut Makan Bersama yang digelar di atas daun pisang.

Kegiatan Makan Bersama atau dalam bahasa Batak disebut mangan-managan ini merupakan tradisi masyarakat Batak di Kabupaten Tapanuli Selatan yang sudah berlangsung sejak lama. Tradisi ini biasanya digelar masyarakat sebagai acara silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan.

Dengan adanya acara Makan Bersama Masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan ini, diharapkan bisa mempererat tali persaudaraan seluruh lapisan masyarakat sebagai satu bagian dari warga Kabupaten Tapanuli Selatan.

2. STAND PAMERAN

Panitia Penyelengara menyediakan sekitar 10 unit stand pameran yang akan menampilkan berbagai produk hasil peranian dan perkebunan Kabupaten Tapanuli Selatan dan satu stand panitia sebagai pusat informasi kegiatan.

3. PERTUNJUKAN SENI TRADISI
Band
Tari Tor Tor
Tari Kreasi
Teater Rakyat Markombur

Baca Juga :  Perbaikan Jalan Menuju Barnang Koling dan Dolok Sordang di Kecamatan Sipirok Diprioritaskan

4. LOMBA-LOMBA

Lomba Kuliner Khas Tapanuli Selatan yang akan diikuti kaum ibu dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

5. SEMINAR MASALAH KOPI

Seminar tentang kopi akan digelar pada tanggal 3 Agustus 2015 di Hotel Tor Sibohi Sipirok yang akan membicarakan sejarah tentang kopi sebagai komoditas ekspor yang hingga kini menguasai sekitar 20% pasar kopi di Sumatra Utara.


PANITIA PENYELENGGARA

FESTIVAL KOPI & PESTA RAKYAT ini digelar oleh Panitia yang merupakan konsorsium sejumlah lembaga yang dikelola masyarakat, petani dan pengusaha kopi: MASYARAKAT KOPI SIPIROK (MKS), MASYARAKAT INDEKS GEOGRAFIS KOPI ARABIKA SIPIROK (MIGK), OVATA INDONESIA, dan KOPERASI KOPI RAKYAT (KOPINKRA) BERSAMA.

Ketua Panitia:
Muhammad Yunus Hutasuhut (juga Sekretaris MIGK Tapanuli Selatan)
Sekretaris Panitia :
M. Alimuddin Batubara (yang juga Sekretaris MKS)
Bendahara Panitia :
Bambang (yang juga Kepala Bidang MIGK Tapanuli Selatan)

Demikian press realease dibuat agar bisa dikomunikasi kepada publik. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan yang datang dari berbagai media.

Dikeluarkan di : Kota Padang Sidempuan
Pada tanggal 15 Juli 2015
Dirilis oleh: Bidang Hubungan Masyarakat Festival Kopi & Pesta Rakyat Kabupaten Tapanuli Selatan
Kontak Person Bidang Humas: H. Budi Hutasuhut, S.Sos, M.M. (081375444995)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*