FESTIVAL KOPI SIPIROK Digelar 30 Juli Hingga 3 Agustus

 JAKARTA — Sebuah pesta tentang menyeduh dan minum kopi, akan diselenggarakan di Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada 30 Juli-3 Agustus 2014, dalam rangka merayakan Idul Fitri.

Festival Kopi Sipirok 2014 ini digagas oleh sejumlah elemen seperti Sipirock Coffee, masyarakat penggiat  kopi, LSM, dan pemerintah setempat.

Ayub Suleman Pulungan sebagai ketua panitia menuturkan dalam kegiatan ini juga diadakan beberapa acara, di antaranya pemilihan Putra/Putri Kopi Sipirok yang nantinya akan menjadi duta promosi kopi Sipirok.

“Nanti pada 2 Agustus juga ada pemecahan Rekor MURI menyeduh dan minum kopi luak liar Sipirok bersama 3.500 perantau dan masyarakat Bonabulu,” kata Ayub di Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Dia mengatakan festival ini juga memberikan pelatihan dan pembelajaran kepada sejumlah kelompok tani kopi tentang pengolahan kopi luwak berbasis kompetensi.

Sipirok, sebuah kota kecil di Tapanuli Selatan, Sumut, adalah daerah penghasil kopi unggulan yang belum dikenal secara luas di kalangan perdagangan kopi dunia.

Kopi Arabika Sipirok, katanya, berciri khas fruity, rendah asam, dan gurih. “Di masalah lalu kopi ini digadang-gadang sebagai The World’s  finest unwashed arabica,” ujar Ayub.

Tujuan dari festival ini, lanjutnya, adalah mendorong para petani kopi Sipirok mengembangkan pertanian kopi dengan bibit unggul dan mendorong kebangkitan penggiat usaha ekonomi kreatif, khususnya kedai kopi dan industri pengolahan kopi di wilayah itu.

Baca Juga :  Selama Operasi Ketupat Toba 2014 - Polres Tapsel Tangani Delapan Kasus Laka Lantas

“Untuk mendukung pertanian dan budidaya kopi unggulan, panitia akan membagikan puluhan ribu bibit unggul kopi yang sudah diteliti dan berhasil dibudidayakan di daerah lain,” ungkapnya./ (Kabar24.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*