Formantum Madina Tolak Beroperasinya PT Sorik Mas Mining Di Sihayo

Masyarakat 7 desa di Kecamatan Naga Juang Madina yang menamakan dirinya Forum Masyarakat Naga Juang Tolak Tambang (Formantam) menolak beroferasinya perusahaan PT Sorik Mas Mining yang bergerak di bidang Pertambangan yang berlokasi di Sihayo.

Ketujuh desa yang keberatan dimaksud adalah Desa Tambiski Nauli, Desa Banua Rakyat, Desa Banua Simanosor, Sayur Matua, Humbang I, Tartung Panjang, Desa Tambiski. Hal di atas diungkap Sekretaris Formantam Madina Hoslan Simangunsong kepada Berita  baru-baru ini melalui telephon selulernya.

Kehadiran dan terus beroferasinya PT.SMM ini menurut Hoslan Simangunsong sangat meresahkan warga ketujuh desa di atas, hal ini disebabkan mereka takut akan terjadi bencana alam (banjir dan tanah longsor). Hal ini sangatlah beralasan karena areal pertambangan tersebut sangat dekat dengan pemukiman penduduk. Kemudian mereka takut akan limbah yang dihasilkan penambangan tersebut nantinya akan membawa penyakit sebab sungai yang mengalir di desa-desa ini berasal dari perbukitan Sihayo.

Hoslam menambahkan, dengan demikian diperkirakan sumber air tersebut akan sangat jauh berkurang disebabkan Hutan yang selama ini menjadi sumber air ke areal persawahan penduduk akan rusak dimanaka pada akhirnya nanti sumber air pun sangat jauh berkurang sehingga pertanian di daerah tersebut bisa-bisa nanti akan rusak. (beritasore.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kekayaan Hayati Taman Nasional Batang Gadis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*