Formula 1 Vettel Terima Trofi Juara Dunia

Sebastian Vettel secara resmi dinobatkan sebagai juara dunia Formula 1 2010 pada Jumat (10/12/10) malam. Pebalap Red Bull Racing ini menerima trofi yang diserahkan oleh Presiden FIA Jean Todt, dalam acara tahunan badan tertinggi F1 tersebut, di Monaco.

Vettel mencetak sejarah dengan memecahkan rekor sebagai pebalap termuda yang pernah menjuarai kompetisi adu kecepatan “jet darat” ini. Di usianya yang ke-23 tahun, dia telah merengkuh trofi paling bergengsi tersebut, berkat keberhasilannya memenangi seri terakhir di Abu Dhabi.

2212555620X310 Formula 1 Vettel Terima Trofi Juara Dunia
Pebalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel (kiri) dan pereli Sebastien Loeb (kanan) mengapiti Presiden FIA Jean Todt. Vettel dan Loeb secara resmi dinobatkan sebagai juara dunia F1 dan reli, setelah mendapatkan trofi tersebut di Monaco, Jumat (10/12/10).

Ya, Vettel sebenarnya tak terlalu difavoritkan untuk meraih gelar pertama sepanjang kariernya tersebut, karena saat tampil di Abu Dhabi dia berada di peringkat tiga. Tetapi, pada balapan pamungkas tersebut dia tampil sangat memesona sehingga naik podium nomor satu, sedangkan pebalap Ferrari, Fernando Alonso, dan rekan setimnya, Mark Webber, yang merupakan rival utamanya, terpuruk di luar posisi lima besar.

Alhasil, posisi Vettel langsung naik ke puncak klasemen, menggeser Alonso. Dia pun menobatkan dirinya sebagai pebalap termuda yang pernah juara dunia F1, mengalahkan apa yang pernah dibuat pebalap McLaren, Lewis Hamilton, ketika jadi juara dunia F1 2008.

“Ini merupakan malam yang sangat menggembirakan bagi saya dan tim Red Bull Racing,” ujar Vettel. “Saya senang berada di sini untuk mendapatkan trofi juara dunia, sesuatu yang sudah saya impikan sejak memulai membalap.

Baca Juga :  Aniaya PNS, Anggota DPRD Tapsel Diadukan

“Memenangkan kompetisi ini nyaris tak bisa dipercaya; merupakan musim yang hebat bagi kami, dengan segala naik dan turunnya. Kami tetap yakin dengan tim, mobil dan terus menikmati setiap balapan.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua tim Red Bull Racing dan para mekanik Renault, atas segala usaha dan dedikasinya sehingga kami mendapatkan mobil yang fantastis pada tahun ini. Saya benar-benar senang karena kesuksesan yang kami raih bersama ini.”

Dalam kesempatan tersebut, tim Red Bull juga mendapatkan trofi sebagai juara konstruktor. Sedangkan Alonso dan Webber, juga mendapat trofi sebagai runner-up dan peringkat tiga.

Selain pemberian penghargaan kepada para kontestan F1, FIA juga secara resmi menyatakan Sebastien Loeb sebagai juara World Rally. Ini adalah gelarnya yang ketujuh secara berturut-turut, dengan tim Citroen meraih trofi pabrikan. Yvan Muller dan Chevrolet mendapat penghargaan World Touring Car, sedangkan Michael Bartels dan Andrea Bertolini untuk pertama kalinya menerima GT1 World Championship. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*