Foto Penonton Sorotkan Laser ke Malaysia Palsu

Ahli multimedia menegaskan gambar yang menunjukkan penonton Indonesia menyorotkan laser ke timnas Malaysia, palsu. Apa alasannya?

Praktisi multimedia Abimanyu Wachjoewidajat menyebutkan gambar yang menyebar di mana menunjukkan pendukung Indonesia menyorotkan laser ke pemain Malaysia adalah palsu.

Abimanyu mengaku telah mencari gambar yang ada di internet dan menemukan bahwa gambar tersebut merupakan potongan yang diambil pada 20 Juni 2010 saat pertandingan Argentina dan Nigeria di Piala Dunia.

Selain itu, bukti manipulasi tampak pada sinar laser jarak jauh, karena sinarnya berkilau luas di awal lalu membias, dan cahaya berkurang sekitar 3 centimeter.

“Bila ini menggunakan sinar laser bolpoin (ataupun pointer) pasti sinarnya tidak cepat berbias dan pada jarak sejauh itu masih tetap padat sinarnya. Lalu ini sinar apa? Kemungkinan besar ini editan gambar,” ujar Abimanyu yang juga pernah mendeteksi keaslian video Ariel-Luna Maya. (inilah.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*