FP-DAS Batang Gadis Gelar Penghijauan

Forum Pengelola Daerah Aliran Sungai (FP-DAS) Batang Gadis, menyelenggarakan gerakan penghijauan, ditandai dengan penanaman bibit pohon di Pesantren Modren H Baharuddin Harahap, di Desa Janji Mauli, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (27/5).

batang gadis river FP DAS Batang Gadis Gelar Penghijauan
Sungai Batang Gadis (Google)

Ketua FP-DAS Batang Gadis, Awaluddin Pulungan didampingi Sekretarisnya, Syahrul Nasution mengatakan, DAS Batang Gadis mempunyai peranan penting cakupan sekitar 481.243.320 hektar dan mengalami kerusakan yang cukup signifikan. Sehingga, perlu penanganan serius seluruh elemen terkait.

Keberadaan DAS Batang Gadis, sekaligus merupakan DAS regional lintas kabupaten dan kota yakni meliputi Kabupaten Tapsel, Madina dan Kota Psp.

“Koordinasi antara pemangku kepentingan, dalam pengelolaan DAS Batang Gadis oleh pihak terkait dan kesadaran masyarakat yang masih cukup rendah, terhadap pelestarian dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada belum berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ditambahkannya, permasalahan dalam pengelolaan DAS telah menjadi perhatian semua pihak, namun pemecahannya sering hanya dilihat dari sudut pandang satu sektor saja, tanpa memandang DAS sebagai satu-kesatuan ekosistem yang utuh dari hulu sampai hilir.

“Pengelolaan DAS bersifat multi sektor dan lintas daerah, dan guna mewujudkan pengelolaan DAS, diperlukan dukungan yang kuat dari unsur eksekutif, legislatif, Perguruan Tinggi (PT) dan dan elemen masyarakat.” Ujarnya mengakhiri.

Sumber: http://metrosiantar.com/sidimpuan_raya_/FP-DAS_Batang_Gadis_Gelar_Penghijauan

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Mengenang - Abdul Haris Nasution (1918-2000)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*