Gabah Kering Rp2.900 per Kg Di Kec. Barumun

Sejak 3 pekan terakhir harga jual gabah kering di Kecamatan Barumun Tengah (Barteng), Kabupaten Padang Lawas (Palas), mencapai Rp2.900 per kilogram (Kg). Sebelumnya, harga gabah kering berada di kisaran Rp2.500 per kg hingga Rp2.700 per kg.

Toke pengumpul gabah di Barteng, Hotdan Hasibuan (45), kenaikan harga gabah disebabkan sejumlah daerah penghasil padi sedang memasuki masa panen, seperti daerah Pasaman di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

“Di Palas dan Paluta, musim panen sudah usai sebulan lalu. Biasanya kalau musim panen harga gabah mengalami penurunan atau setidaknya tetap bertahan. Namun, untuk kali ini harga gabah justru naik,” terangnya, kepada METRO, Minggu (6/6).

Salah seorang warga Gading, Mual Siregar (32), yang baru memanen sekitar 4 ton gabah ini, mengaku, harga jual gabah yang tinggi dinilai sangat menguntungkan petani.

Untuk itu, ia cepat-cepat menjual sekitar 3 ton gabah untuk belanja kebutuhan hidup hingga datang musim tanam berikutnya. Sedangkan yang 1 ton lagi dijadikan stok.

“Mumpung harga gabah naik, ya kita jual saja, takut nanti harga turun di situ kita mau jual. Mendingan sekarang saja,” ucapnya.

Sumber:

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Walikota P.Sidimpuan Apresiasi Kegiatan PWI Tabagsel

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*