Gadis 13 Tahun Dipaksa Nikah – Komnas Anak Desak Polisi Tangkap Suami LD

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mendesak Polres Malang segera memproses hukum Mulyadi (31), suami siri LD (13). Tidak hanya itu orangtua LD, Misdi (50) dan Sisminanti (45) juga diproses secara hukum karena memaksa anaknya yang masih di bawah umur untuk menikah.

“Kami harapkan polisi segera bertindak profesional dengan segera memproses hukum suami dan kedua orangtua korban,” kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait kepada detiksurabaya.com melalui telpon genggamnya, Rabu (25/8/2010).

Arist mengungkapkan, secara jelas kasus yang dialami bungsu dari tiga bersaudara ini telah melanggar undang-undang perlidungan anak. Proses penyidikan yang telah dilakukan dengan meminta keterangan korban, saksi dan hasil visum medis dapat segera ditindaklanjuti dengan memeriksa suami atau diduga pelaku persetubuhan di bawah umur.

“Orangtuanya juga diperiksa kembali, karena mereka telah memaksa untuk menikahkan korban yang masih berusia di bawah umur,” ungkapnya.

UU Perlidungan Anak dapat menjadi dasar jeratan pasal untuk ketiganya. Ditambah keterangan saksi korban dan hasil visum. Dia khawatir kelambanan polisi dalam memproses hukum terhadap Mulyadi akan menyebabkan pria itu melarikan diri.

“Sebelum yang bersangkutan kabur, lebih baiknya segera diperiksa sebagai saksi, yang nantinya dapat berkembang menjadi tersangka. Setelah didukung dengan bukti yang kuat,” jelasnya.

Seperti diberitakan, LD bocah duduk di bangku kelas 2 SMP dipaksa kedua orangtuanya untuk menikah siri dengan Mulyadi di sebuah masjid di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, tiga pekan lalu.

Baca Juga :  Astaga, Istri Kepala Unit Reskrim Diperkosa di Rumah Sendiri

Tak kuat dengan nasib yang dialami, bungsu dari tiga bersaudara ini nekat kabur dan meminta bantuan perangkat desa setempat. Pemerintah desa kemudian melaporkan kasus ini ke polisi.

Sumber: http://surabaya.detik.com/read/2010/08/25/094808/1427332/475/komnas-anak-desak-polisi-tangkap-suami-ld?y991101465

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*