Galon

Jembatan+Siborang,+Padang+Sidimpuan Galon
Kota Padangsidimpuan

ORANG Batak, pasti punya marga. Tapi, bukan jaminan kalau orang tersebut tau banyak tentang kampung halaman. Apalagi, mereka yang lahir dan besar di perantauan.

Buktinya, Into Siregar yang bulan lalu untuk pertamakalinya pulang ke Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Dua hari setelah sampai di Sipirok, dia bersama keluarga lainnya pun raun-raun (jalan-jalan) ke Padangsidimpuan yang jaraknya sekitar 35 kilometer.

Supaya tak nyasar, walau kota kecil, keluarga yang menetap di Sipirok diajak sebagai petunjuk jalan. Namun, dalam perjalanan, tiba-tiba Into sakit perut. Mungkin karena kebanyakan makan pecal yang sambalnya cukup pedas.

“Tulang, keknya harus cari rumah makan dulu,” kata Into sama si tulangnya yang jadi petunjuk jalan.

“Bah, kan baru makan kita. Kenapa pulak berhenti,” tanya si tulang.

“Sudah kebelet kali pun. Awak sakit perut tulang,” balas Into.

“Ya sudah, kalau begitu kita cari galon saja,” sahut si tulang.

Into kaget bukan kepalang. Bagaimana tidak. Mau BAB (buang air besar) kok malah cari galon. “Ah, jangan macam-macam lah tulang. Awak serius ini. Sakit perut dah tak tahan kali pun,” lanjut Into.

Si tulang terkejut mendengar jawaban Into. “Sudah dekat kok. Nanti ada galon di sana,” lagi si tulang menjawab serius.

Dengan menahan perut, dalam hati Into mengomel. “Gimana pulak awak buangnya kalau pake galon. Jorok-jorok juga orang Sipirok ini bah. BAB kok pake galon,” Into ngebatin.

Baca Juga :  Polres Tapsel Ringkus Dua Tersangka Pengedar Ganja Antar Kabupaten

Sekitar 10 menit kemudian, mereka pun sampe. “Nah, apa tulang bilang. Ini dia galonnya. Cukup dekat kan,” ujar si tulang.

Satu mobil keluarga Into yang dari Jakarta akhirnya tertawa terbahak-bahak, termasuk Into, ketika mobil diarahkan si tulang untuk membelok ke pom bensin (SPBU/stasiun pengisian bahan bakar umum). “Dasar si tulang. Pom bensin dibilang galon. Mana awak tau tadi,” kata Into langsung lari menuju toilet yang ada di galon (pom bensin). (zas)

Sumber: www.batakpos-online .com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*