Gangguan Katup Gas Sebabkan Pemadaman Listrik di Sumut-Aceh

Kantor PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara
Kantor PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara

kantor pln sumut Gangguan Katup Gas Sebabkan Pemadaman Listrik di Sumut Aceh
Kantor PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara
Terganggunya peralatan kontrol katup pipa gas milik Pertagas mengakibatkan terhentinya suplai gas secara tiba-tiba dari Pertagas ke pembangkit listrik di PLTGU Belawan sejak hari Minggu (5/3) sekitar pukul 19.30 WIB.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara, Sutrisno mengatakan, peralatan kontrol katup pipa gas tersebut tersambar petir sehingga Pressure Control Valve (PCV)  menutup secara otomatis.

Menutupnya PCV ini mengakibatkan flow gas dari Pertagas ke PLTGU Belawan terganggu sehingga PLTGU Belawan GT21, GT22, dan ST20 (379 MW) berhenti secara mendadak dan PLTGU Belawan GT11 turun beban sebesar 32 MW.

"Terhentinya operasi PLTGU Belawan sebesar 411 MW secara tiba-tiba menyebabkan sistem proteksi Under Frequency Relay (UFR) bekerja dan berdampak pada lepasnya interkoneksi di Sumut-Aceh dan Sumut-Inalum. Hal inilah yang membuat Sistem Sumbagut mengalami defisit," kata Sutrisno, Senin (6/3).

Sutrisno menjelaskan, sistem Sumbagut sesaat sebelum gangguan beroperasi melayani kebutuhan Sumut dan Aceh sebesar 1.641 MW. Hilangnya pasokan gas sebagai bahan bakar PLTGU di Belawan mengakibatkan daya sebesar 411 MW atau 25% dari total pembangkit hilang secara mendadak.

Imbas dari gangguan tersebut berakibat pecahnya membran pada PLTU Nagan Raya. Hal tersebut membuat kondisi kelistrikan tidak dapat dipulihkan dengan cepat sehingga sistem mengalami defisit.

"Namun, Minggu (5/3) pukul 19.35 WIB PLN dapat memulihkan interkoneksi Sumut-Inalum dan pukul 19.57 WIB, PLN dapat memulihkan interkoneksi Sumut-Aceh. PLN dan Pertagas terus berupaya memulihkan keadaan hingga pada pukul 22.55 WIB, suplai gas ke PLTGU Belawan juga sudah berjalan normal dan pada pukul 23.30 WIB PLTGU Belawan sudah kembali beroperasi secara normal. PLTU Nagan Raya yang terkena dampak gangguan membutuhkan perbaikan dan diprediksikan dapat beroperasi pada hari ini," jelasnya.

Oleh sebab itu, tambah Sutrisno, PLN meminta maaf kepada pelanggan PLN Sumut atas gangguan yang terjadi dan saat ini PLN terus berupaya menjaga keandalan pasokan listrik ke Sumut.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan PLN. Untuk informasi dan keluhan pelanggan, masyarakat dapat menghubungi contact center PLN (061) 123," pungkas Sutrisno.

POST ARCHIVE: This content is 9 months old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Gangguan Katup Gas Sebabkan Pemadaman Listrik di Sumut Acehfacebook Gangguan Katup Gas Sebabkan Pemadaman Listrik di Sumut Acehtwitter Gangguan Katup Gas Sebabkan Pemadaman Listrik di Sumut Acehlinkedin Gangguan Katup Gas Sebabkan Pemadaman Listrik di Sumut Acehemail Gangguan Katup Gas Sebabkan Pemadaman Listrik di Sumut Acehprint Gangguan Katup Gas Sebabkan Pemadaman Listrik di Sumut Aceh

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*