Ganteng Kemungkinan Besar Menangkan Pilkada Sumut Satu Putaran

Medan – Pasangan Gatot Pujo Nugroho – Tengku Erry Nuradi (Ganteng) masih unggul sementara dalam hitung cepat (quick count), sesuai dengan jumlah suara yang baru masuk mencapai 90 persen dari jumlah pemilih 10.117.187 orang.

Berdasarkan penghitungan cepat yang dilakukan Indo Barometer, sampai sekitar pukul 15.00 WIB, pasangan Ganteng yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hanura, mendapatkan perolehan 32.94 persen suara.

Direktur Indo Barometer, M Qodari mengatakan bahwa pemilihan kepala daerah Sumatera Utara (Pilkada Sumut), kemungkinan bisa satu putaran. Kemenangan Ganteng karena faktor primordial, yang mana etnis Jawa lebih dominan di Sumut.

“Ganteng diuntungkan sebagai incumbent, yang sudah banyak dikenal masyarakat. Program Gatot dalam menyampaikan program saat masa kampanye, membawa pengaruh besar buat masyarakat di pesisir, seperti di Langkat dan Asahan ,” ujarnya.

Pasangan nomor urut dua di bawah pasangan Ganteng adalah Effendi MS Simbolon – Jumiran Abdi. Pasangan ini mendapatkan perolehan suara sebanyak 23.23 persen, kemudian Gus Irawan – Soekirman (Gusman) memperoleh suara sebanyak 22.08 persen.

Posisi ke empat adalah pasangan Amri Tambunan – RE Nainggolan, yang diusung oleh Partai Demokrat, memperoleh suara sebanyak 12,03 persen. Pasangan Chairuman Harahap – Fadly Nurzal, yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), berada pada posisi terakhir dengan memperoleh 9,34 persen.

Baca Juga :  Warga: Ini Adalah Letusan Gunung Sinabung Paling Dahsyat

Dengan kemenangan pasangan Ganteng tersebut, maka secara otomatis jabatan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Tenggku Erry Nuradi akan digantikan Soekirman, pasangan dari Gus Irawan. Sebab, Soekirman merupakan Wakil Bupati Sergai.

“Pasangan Effendi – Jumiran Abdi berada di posisi kedua di luar dari perkiraan. Sebab, pasangan yang unggul dalam perolehan suara kedua setelah Ganteng adalah Gusman. Ini tidak terlepas dari faktor primordial tersebut,” sebutnya. (berita8.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*