Garuda Indonesia akan buka penerbangan Tapanuli Tengah-Jakarta

Pandan, Sumut, (ANTARA News) – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka rute dari bandara Dr.FL.Tobing Pinangsori, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara tujuan Halim Perdana Kusuma Jakarta, terhitung mulai 15 April 2014 dengan menggunakan pesawat komersial jenis Bombardier.

“Pihak Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan dari bandara Kualanamu Medan ke bandara Dr.FL.Tobing Pinangsori dan berlanjut ke bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta,” ungkap Bupati Tapanuli Tengah, Raja Bonaran Situmeang di Pandan, Rabu.

Rute penerbangan tersebut, kata dia, akan mempermudah akses menuju kawasan Pantai Barat Sumatera Utara itu, sebab tidak perlu lagi memakan waktu lama untuk menjangkau Kabupaten Kota di sekitar wilayah Tapanuli Tengah (Tapteng).

Dikatakannya, pengajuan untuk terlaksananya rute penerbangan dimaksud, telah melalui proses pertimbangan yang matang sehingga perusahaan tersebut diperkirakan mampu memperoleh keuntungan.

Menurut Bonaran, posisi geografis daerah Tapteng sangat strategis dalam menjangkau seluruh daerah kawasan pantai Barat Sumatera, seperti kota Sidimpuan, Sibolga, Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Paluta, Tobasa, Tapanuli Utara, bahkan perbatasan daerah Aceh.

Dengan dibukanya rute penerbangan itu, lanjut dia, diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi industri pariwisata Tapteng sekaligus mendongkrak kemajuan dunia pariwisata di Sumatera Utara.

Diakuinya, berbagai sarana penting dalam mendukung kelancaran pendaratan pesawat berjenis Bombardier itu, kini telah rampung dipenuhi oleh pihak Bandara FL Tobing Pinangsori.

Baca Juga :  PEMBANGUNAN PANTAI BARAT MADINA PERLU KEPASTIAN HUKUM

Selain itu, pihak Pertamina juga telah menjanjikan kesediaannya memenuhi sarana pengisian bahan bakar pesawat atau Avtur.

Sementara itu, anggota DPD RI Parlindungan Purba menyampaikan apresiasi atas berbagai upaya yang dilakukan Bupati Bonaran dalam mewujudkan berbagai perubahan kemajuan di Tapteng, termasuk pembukaan rute penerbangan langsung ke Jakarta.

Menurut Parlindungan, dirinya sangat mendukung upaya menjadikan bandara Dr FL Tobing Pinangsori menjadi bandara internasional, karena hal tersebut termasuk salah satu langkah yang tepat dalam memajukan pariwisata di Kabupaten setempat.

“Mendaratkan Garuda di Tapteng merupakan salah satu rencana dan langkah besar, sebab akan memudahkan para wisatawan, sekaligus mengundang minat para investor dalam menanamkan modalnya di daerah ini,” katanya.

Editor: Unggul Tri Ratomo

Sumber: antaranews

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*