Gawat… Sertifikasi Masih Di-Pungli, Setiap Guru Kena Rp 150 Ribu

Dugaan Pungutan Liar (pungli) di lingkup Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Padang Lawas (Palas), tampaknya, telah menjalar ke mana-mana. Ddiduga kuat, bukan hanya Dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang dipungli, melainkan juga dana Sertifikasi guru.

Yang miris, pungli itu tidak hanya terjadi kepada beberapa peserta sertifikasi, tetapi seluruh peserta yang menerima se kabupaten Palas. Uang sertifikasi yang dipotong dispendik mencapai Rp 150 ribu untuk setiap guru penerima sertifikasi.

Salah seorang guru yang tidak mau identitasnya disebutkan menyebut, dirinya tidak bisa menerima uang sertifikasi secara utuh. Sebab, uang yang diterimanya setiap tiga bulan tersebut dipotong dispendik tanpa alasan yang jelas. ”Pe­motongannya sekitar Rp 150 ribu,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa pemotongan tersebut diserahkan kepada Staf Dinas yang tidak berstatus PNS, “ itu juga yang 150 Ribu diserahkan kepada Operator dinas, yang setatusnya staf Non PNS” ungkap nya dengan kesal.

Dia menjelaskan, uang sertifikasi itu diterima guru setiap tiga bulan, Besar uang sertifikasi yang diterima guru bervariasi, yakni bergantung pada besar gaji pokok yang diterima setiap bulan. Dia menyebut pemotongan uang sertifikasi itu terjadi sejak lama. ”Ketika kali pertama menerima uang sertifikasi, sudah ada potongan,” kata guru salah satu sekolah di Kecamatan Barumun tersebut.

Sementara itu salah satu Penggiat Anti Rasuah Palas, Hasnul Hadiansyah, meminta kepada Bupati agar meng kroscek pungutan liar tersebut dan harus memperhatikan dunia pendidikan Palas,

Baca Juga :  CPNS Sidimpuan lakukan penyelewengan?

“merebaknya pungli di dispendik bahkan tidak menjadi perhatian Pemkab Palas. Bupati Kab.Padang lawas selaku Orang nomor Satu di Pemkab Palas tersebut diminta agar memanggil kepala dispendik untuk meminta klarifikasi dan konfirmasi terkait dengan praktik pungli itu, apabila memang terbukti ada Pungli, diminta agar bertindak tegas dan diharapkan mempertimbangkan jabatan strategis itu” Ungkap nya.


Hasnul HD

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*