Gempa Lombok, 30 Orang Luka, 5.286 Rumah Rusak

JAKARTA – Gempa bumi 5,4 SR yang mengguncang Lombok, Sabtu (22/6) pukul 12.42 WIB, mengakibatkan puluhan orang luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Tercatat, pusat gempa di darat dengan kedalaman 10 kilometer dan berlokasi di 14 km barat laut Lombok Barat itu dirasakan III-IV MMI di Lombok, II-III MMI di Kuta, Denpasar, Gianyar, dan Karangasem Bali.

Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melansir, berdasarkan pendataan gempa diketahui 30 orang luka yaitu 5 luka berat dan 25 orang luka ringan.

“Kerusakan yang terjadi adalah 5.286 rumah rusak meliputi 3.243 unit rumah rusak ringan, 1.321 unit rumah rusak sedang dan 722 unit rumah rusak berat,” kata Sutopo, Minggu (23/6).

Sedangkan kerusakan bangunan terparah terjadi di Kecamatan Tanjung, Gangga dan Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara Provinsi NTB. “Dapur umum untuk pengungsi juga sudah didirikan berikut bantuannya,” jelasnya.

Hingga kini upaya penanganan masih terus dilakukan oleh BPBD, TNI, Polri, Tagana, PMI dan relawan. Pengamanan dikoordinir oleh Polres Lombok Utara. Di lapangan juga sudah didirikan tenda pengungsi di 5 titik di 3 Kecamatan tersebut.(Fat/jpnn)   

Sumber: jpnn.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  SRI Bisa Jadi "Blunder" bagi Sri Mulyani

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*