Giliran Ribuan Bocah di Tapsel Imunisasi Gratis

Sumber: www.metrosiantar.com

Kamis, 08 Oktober 2009

Seorang balita menangis saat diimunisasi tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan.

TAPSEL-METRO; Setelah ribuan bocah di Kota Padangsidimpuan mendapatkan imunisasi polio dan campak gratis, kemarin, kali ini giliran sebanyak 48.129 bocah di Kabupaten Tapanuli Selatan dari 12 kecamatan mendapatkan imunisasi polio dan campak gratis. Kegiatan kesehatan ini digelar Dinas Kesehatan Tapsel sejak Selasa (6/10) hingga Sabtu (24/10).

Program kesehatan nasional ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Tapsel melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Penyakit (PMK), dr Ismail Fahmi Ritonga MKes, didampingi Kasi PP dan Imunisasi, dr Syukri Daulay, Kasi PPL, dr Sri Khairunnisa.

Sasaran kampanye campak dan polio di Tapsel ini, terang dr Ismail Fahmi Ritonga MKes, adalah anak-anak berusia 0-59 bulan. Untuk anak usia antara 0-59 bulan mendapatkan imunisasi folio untuk anak usia antara 9-59 bulan mendapatkan imunisasi campak, dan pemberiannya tanpa memandang status imunisasi anak sebelumnya.

Pihaknya juga sudah melakukan sosialisai tentang kampanye polio dan campak pada tanggal 1 September lalu di Aula Hotel Bumi Asih, Kota Padangsidimpuan, yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Tapsel, Nyonya Mariana Ongku P Hasibuan, Kadiskes Tapsel, H Sarmadhan Harahap APT, Kepala PMD, Rustam Effendi Hasibuan, pejabat struktural Dinkes Tapsel, Pengurus Cabang (Pengcab) Aisyiah, IDI, IBI, gerakan pramuka, tokoh masyarakat, adat, agama, polri TNI dan lainnya, sekaligus melibatkan Dinkes Provsu, di mana untuk Indonesia dari 3 provinsi yang melaksanakan imunisasi ini termasuk di dalamnya Sumut, NAD dan Maluku.

Baca Juga :  Dibeking Oknum Pemkab dan Polres - PT. Palmaris Kriminalisasi Warga Batahan

Ditambahkannya, dari 17 puskesmas di 12 kecamatan se-Tapsel dengan 619 pos imunisasi, posyandu sebanyak 545 unit dan sebanyak 2.725 kader akan melakukan imunisasi campak kepada 21.917 anak dan untuk imunisasi polio sebanyak 26.212 anak. Hingga hari kedua sekitar 1.500-an anak yang sudah diberikan imunisasi campak maupun polio.

“Hasil pendataan yang kita lakukan hingga 24 Oktober nanti anak yang akan kita berikan imunisasi campak sebanyak 21.917 anak dan untuk polio sebanyak 26.212 anak,” terangnya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 13 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*