GMP3 Minta Kejatisu Periksa Panitia Tender Di Dinas PUD Palas

Gerakan Mahasiswa Peduli Padang Lawas (GMP3) meminta Kejaksaan Tinggi Sumut (Kejatisu) untuk memeriksa panitia tender proyek di Dinas Pekerjaan Umum Daerah (PUD) Kabupaten Palas Tahun Anggaran (TA) ini. Sebab, panitia tender dicurigai memiliki sertifikat yang sudah mati.

“Padahal sesuai Kepres Nomor 80 tahun 2003, setiap panitia tender harus bisa menunjukkan sertifikat kelulusannya dengan mengikuti ujian setiap tahunnya untuk memperpanjang sertifikatnya agar sah menjadi panitia pengadaan barang dan jasa,” ujar Ketua GMP3, Mardan Hanafi Hasibuan.

Pihaknya menduga ada panitia tender Dinas PUD Palas dalam pengadaan 106 paket proyek di Dinas PUD dengan total nilai proyek sekitar Rp42 miliar sertifikatnya sudah mati. Bahkan, mahasiswa menduga panitia tender cacat hukum, karena tidak bersikap profesional, independen, transpran dan lainnya.

“Sekarang kita sedang mencari data valid keakuratan catatan daftar proyek yang beredar di tengah-tengah masyarakat yang sudah di stabilo atau digaris tebali dengan mencantumkan nama pemilik paket. Padahal, saat ini masih dalam proses pendaftaran belum masuk pada pengumuman pemenang, tender saja belum dimulai, masih sebatas pendaftaran,” ujar Mardan kepada METRO Selasa (10/8).

Lebih lanjut katanya, proses tender di PUD Palas diduga hanya akal-akalan saja. Pasalnya, jauh sebelum tender dilakukan, sudah ada nama-nama yang mencatut pemilik paket.

“Ini melanggar Kepres, panitia bekerja sesuai dengan hasil evaluasi dan sertifikasi, bukan dengan arahan-arahan oknum tertentu, makanya kita meminta panitia tender PUD Palas yang saat ini dibubarkan saja,perlu diganti lagi orangnya yang akuntabel, profesional dan tidak bisa diintervensi oleh siapapun demi terwujudnya pembangunan Palas yang madani,” tuturnya.

Baca Juga :  Jelang Lengser: Bupati Tapsel Buat Izin Kayu Tumpang-Tindih

Kadis PUD Palas, Ir Chairul Windu Harahap, menambahkan, jumlah panitia tender APBD 2010 di Dinas PUD Palas sebanyak 5 orang, yakni Ketua Panitia Hamka Harahap, anggota Efrin Hasibuan, Salmarianto, Fachri dan H Mukhlar Nasution, dimana ke 5 panitia tender tersebut memiliki sertifikat. “Kelimanya memiliki sertifikat,” terangnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/GMP3_Minta_Kejatisu_Periksa_Panitia_Tender_Di_Dinas_PUD_Palas

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*