Gol Balotelli dan Boateng Loloskan Milan ke Liga Champions

MILAN, KOMPAS.com — AC Milan akhirnya lolos ke babak fase grup Liga Champions setelah mengalahkan sang lawan, PSV Eindhoven, dengan skor 3-0 dalam leg kedua play-off, Kamis (29/8/2013) dini hari WIB. Kevin-Prince Boateng mencetak dua gol pada menit ke-8 dan 77. Mario Balotelli melengkapi kemenangan Rossoneri lewat satu gol pada menit ke-52.

Pada awal pertandingan, Milan langsung tampil menekan pertahanan tim tamu. El Shaarawy dkk seperti ingin membuktikan janji pelatih Massimilliano Allegri untuk tampil menyerang. Hasilnya, pertandingan baru berjalan 8 menit, Kevin-Prince Boateng sudah menggetarkan jala gawang Jeroen Zoet lewat tendangannya dari luar kotak penalti tanpa bisa dihalau barisan pertahanan PSV.

Bek AC Milan asal Ghana, Kevin Prince Boateng (kiri) melepaskan tendangan yang berbuah gol ke gawang PSV Eindhoven pada leg kedua play-off Liga Champions, Kamis (29/8//2013) dini hari WIB. Milan menang 3-0.

Berdasarkan data dari situs OptaSports.com, ini merupakan kali ketiga dalam sepekan terakhir Milan mencetak gol pada 15 menit pertama pertandingan. Pada leg pertama kontra PSV di Philips Stadion serta pertandingan Serie-A kontra Verona, gol-gol Rossoneri juga dicetak pada 15 menit pertama.

Unggul satu gol, Milan tak mengendurkan tekanan. Stephan El Shaarawy ganti mencoba peruntungan pada menit ke-12, tetapi sepakannya hanya melambung di atas mistar gawang PSV. Pada menit ke-18, Adam Maher mencoba menyamakan kedudukan, tetapi peluang yang dimilikinya masih mampu dibendung Christian Abbiati.

Milan memiliki kesempatan menambah skor lewat sepakan Riccardo Montolivo. Sayangnya, tembakan Montolivo dari area kotak penalti PSV masih melebar ke sisi gawang Zoet. El Shaarawy kembali membahayakan lawan, tetapi kembali upayanya hanya menemui mistar gawang.

Baca Juga :  Akibat Kuras Uang Rakyat FKMP3 Demo DPRD Padang Sidempuan

Jelang akhir babak pertama, ketegangan sempat terjadi saat kapten Riccardo Montolivo terlibat adu mulut dengan Stijn Schaars. Pasalnya Schaars menjegal dan menjatuhkan Montolivo. Montolivo segera bereaksi dengan mendorong Schaars dan memarahinya. Namun, perselisihan tak berlanjut dan wasit Mark Clattenburg mengganjar kedua pemain dengan kartu kuning.

Milan terus menekan pertahanan PSV. Namun, hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 1-0.

Pada babak kedua, Geogino Wijnaldum sudah mengejutkan Milan lewat sepakannya di kotak penalti. Beruntung Abbiatti masih mampu mengamankan jala gawangnya dari kebobolan. El Shaarawy ganti menusuk pertahanan PSV lewat solo run-nya ke gawang Zoet pada menit ke-52. Sial baginya, tembakan mendatarnya lagi-lagi melebar meski ia sudah tak lagi terkawal para bek PSV.

Gol kedua Milan lahir semenit kemudian oleh Balotelli. Berawal dari tendangan sudut untuk Milan, Balotelli meneruskan bola dari Philippe Mexes lewat tendangan voli menuju sudut gawang PSV tanpa terhalau Zoet.

Unggul dua gol, Milan sedikit menurunkan tekanan dan mencoba lebih bertahan. Sayangnya, hal ini tak bisa dimanfaatkan PSV secara maksimal. Schaars mendapatkan peluang lewat tembakan jarak jauhnya. Namun, bola lagi-lagi melebar dari gawang Abbiati.

Keasyikan menyerang, PSV justru mendapat malapetaka. Boateng mencetak gol keduanya pada menit ke-77 memanfaatkan kosongnya area pertahanan tim asal Belanda ini. Dengan posisinya yang tak terkawal, Boateng melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan bersarang di sudut gawang Zoet.

Setelah gol Boateng, Milan tampak tak lagi terlalu menekan dan hanya mempertahankan penguasaan bola. Praktis hingga babak kedua berakhir, tak ada gol lain yang tercipta.

Baca Juga :  Bupati Madina Minta PT.Pusri Tindak Kios Pengecer yang Tambah Biaya

Dengan kemenangan ini, AC Milan memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions dengan agregat 4-1.

Susunan Pemain

AC Milan: 32 Christian Abbiati; 20 Ignazio Abate, 5 Philippe Mexes, 17 Christian Zapata, 2 Mattia De Sciglio; 34 Nigel De Jong, 18 Riccardo Montolivo, 4 Sulley Muntari (23 Antonio Nocerino, 82); 10 Kevin-Prince Boateng (7 Robinho, 86), 45 Mario Balotelli, 92 Stephan El Shaarawy (16 Andrea Poli, 74)
Pelatih: Massimilliano Allegri

PSV Eindhoven: 21 Jeroen Zoet; 15 Jetro Willems, 3 Karim Rekik, 5 Jeffrey Bruma, 26 Joshua Brenet; 6 Adam Maher (Ola Toivonen, 69), 8 Stijn Schaars, 10 Georgino Wijnaldum; 22 Memphis Depay (11 Locadia, 74), 9 Tim Matavz, 33 Park Ji-Sung (14 Florian Jozefzoon, 60)
Pelatih: Philip Cocu

Wasit: Mark Clattenburg

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*