Google Dituduh Curi Hak Paten Java Milik Oracle

Android saat ini tengah menapaki kepopulerannya dan khalayak mengenalnya sebagai sistem operasi (OS) milik Google. Namun di tengah kepopuleran tersebut, Google menghadapi tuntutan terkait pelanggaran hak paten OS-nya itu.

Adalah Oracle yang mengajukan tuntutan tersebut kepada Google, Kamis pekan ini di pengadilan federal California, AS. Perusahaan teknologi itu menuduh Google telah melanggar hak paten miliknya dalam pengembangan software smartphone Android.

“Google dengan sengaja, secara langsung dan berulang kali melanggar properti intelektual terkait Java milik Oracle dalam mengembangkan Android,” kata juru bicara Oracle, Karen Tillman

Oracle mengakuisisi Sun Microsystems (yang memiliki Java) senilai US$ 5,6 miliar atau sekitar Rp 50,4 triliun awal tahun ini. Banyak analis mengatakan, gugatan terhadap Google menandakan Oracle ingin lebih agresif  dalam mencari pemegang lisensi untuk Java.

Seperti diketahui, Java merupakan teknologi yang digunakan di berbagai jenis produk berbasis internet. Chief Executive Oracle Larry Ellison mengatakan Java merupakan aset utama Oracle, menunjuk penggunaannya dalam berbagai perangkat elektronik, dari mulai PC hingga pemutar DVD. (Detik/Reuters)

Sumber : http://www.ketok.com/index.php?news_id=5241&start=0&category_id=&parent_id=&arcyear=&arcmonth=

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*