Google Indonesia Diserang Hacker?

Jakarta – Google Indonesia diduga diserang oleh hacker. Saat diakses, beberapa pengunjung melaporkan tampilan Google tidak seperti biasanya. Halaman yang biasanya didominasi warna putih jadi ‘menghitam’. Selain itu, loading situs Google.co.id menjadi lambat.

Kabar bahwa Google Indonesia telah di-hack ini dilaporkan sudah menyebar cukup luas di media sosial. Juga menjadi bahan diskusi di berbagai forum.

Dalam tampilan yang tidak seperti biasanya tersebut, halaman Google jadi berwarna hitam dan bertebaran tulisan klaim dari hacker. Misalnya saja ‘Security is just an illusion’, ‘Struck by 1337’, dan ‘Google Indonesia stamped by Team Madleets’.

Disinyalir bukan server Google yang berhasil ditembus oleh hacker. Hacker ini hanya melakukan metode yang disebut DNS Hijacked. Mereka mengubah alamat DNS yang merujuk ke Google Indonesia ke situs yang dibuat sebelumnya.

DNS (domain name system) sendiri adalah sistem yang bertugas untuk mengubah alamat IP menjadi nama yang lebih mudah diingat. Pelaku serangan diduga mengakali sistem ini dengan mengalihkan alamat google.co.id ke situs yang sudah ditentukan oleh mereka.

Ada dugaan perubahan tampilan Google hanya bisa diakses melalui penyedia layanan internet tertentu saja, tidak semuanya. Belum ada keterangan dari Google mengenai permasalahan ini.

detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Twitter Tolak Dibeli Google Rp 86 Triliun?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*