Google Luncurkan Portal Pemilu Indonesia

Portal informasi Pemilu pertama Google dibuat tujuh tahun lalu (fngmagazine.com)

Merupakan bagian dari komitmen Google mendigitalkan Indonesia

Google turut meramaikan pesta demokrasi di Indonesia dengan meluncurkan portal informasi Pemilu, Google.co.id/pemilu.

Portal informasi Pemilu ini merupakan inisiatif pertama Google untuk mengumpulkan berbagai informasi yang tersedia secara online. Tujuannya agar para pemilih mendapatkan informasi mengenai kandidat dan proses pemilu secara lengkap.

Para pemilih di Indonesia kini bisa mengikuti berbagai berita dan tren terbaru seputar Pemilu di situs yang akan membantu 190 juta pemilih Indonesia, termasuk 67 juta pemilih pemula.

Google mengaku melakukan hal ini karena didorong keinginan meningkatkan keterlibatan pemilih Indonesia dalam pesta demokrasi. Dengan bantuan teknologi akan memudahkan para pemilih mendapatkan berita dan informasi yang dibutuhkan.

“Kami berharap dengan peluncuran portal ini pemilih Indonesia akan memperoleh lebih banyak kemudahan mendapatkan informasi yang dibutuhkan, agar mereka bisa membuat pilihan yang tepat pada hari Pemilu,” kata Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews, Rabu 26 Maret 2014,

Ramawy menegaskan langkah Google ini merupakan bagian dari komitmen Google mendigitalkan Indonesia dan menghubungkan pengguna Google dengan informasi penting yang bisa membuat hidup lebih mudah.

Portal informasi Pemilu ini menyediakan berbagai berita terkait Pemilu dengan menggunakan platform milik Google, seperti halaman Google News yang didedikasikan memuat berita Pemilu dari berbagai sumber berita di Indonesia.

Baca Juga :  Gara-gara Intifada, Facebook Digugat Rp 9 Triliun

Kemudian Google Trends untuk mengukur popularitas pencarian atas partai kandidat secara real-time, dan kanal YouTube yang akan menyiarkan berbagai pemberitaan dari kanal-kanal YouTube milik berbagai stasiun TV utama di Indonesia.

Portal ini juga akan menyediakan tautan ke peta caleg interaktif yang dibuat oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), organisasi nirlaba dengan fokus pada Pemilu Indonesia.

Peta ini memungkinkan masyarakat untuk mencari partai dan kandidat di setiap daerah. Peta ini juga akan diperbaharui secara live saat hasil Pemilu sudah bisa didapatkan pada hari pemilihan.

Portal ini akan terus diperbaharui dengan informasi dan fitur baru sepanjang masa kampanye menuju Pemilu Presiden pada bulan Juli nanti.

“Inisiatif ini merupakan upaya untuk menggabungkan media tradisional dan media baru, dan hal ini merupakan tonggak sejarah dalam distribusi informasi seputar Pemilu secara online,” kata Amy Kunrojpanya, Communications Head Google Indonesia.

Portal informasi Pemilu pertama Google dibuat tujuh tahun lalu, saat itu para insinyur Google melihat adanya kenaikan jumlah pencarian yang cukup besar pada masa Pemilu di Amerika Serikat.

Saat ini, 22 negara termasuk Malaysia, Thailand, dan sekarang, Indonesia, telah memiliki portal informasi Pemilu yang dapat membantu para pemilih dalam membuat keputusan sebelum Pemilu.

© VIVA.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pengguna WiFi Gratis Rentan Data Pribadinya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*