Google Rombak Algoritma Mesin Pencarinya

KOMPAS.com – Google kembali merombak algoritma mesin pencarinya agar penggunanya mendapatkan informasi yang lebih akurat dan relevan. Update ‘algoritma segar’ ini akan mengubah sebagian besar hasil pencarian, misalnya bila Anda mencari dengan kata kunci ‘Olimpiade’ maka hasil pencariannya akan lebih banyak memunculkan informasi tentang Olimpiade 2012, dibanding Olimpiade 2008.

Hasil pencarian algoritma baru ini juga akan menampilkan informasi terbaru dari berita-berita yang sedang “hangat” dan menganalisis tren yang sedang terjadi demi memberikan hasil yang paling revelan atas permintaan pencarian Anda.

Dalam sebuah posting di blog perusahaan, Amit Singhal dari Google mengatakan update ini akan membawa nuansa yang lebih dekat ke hasil pencarian tentang kejadian yang sedang terjadi.

“Jika saya mencari dengan kata Olimpiade,” tulisnya. “Saya mungkin ingin informasi tentang Olimpiade mendatang musim panas depan, bukan Olimpiade Musim Panas 1900.

“Jeroan mesin pencari Google versi terbaru ini dirancang untuk memberikan hasil yang paling termutakhir untuk Anda, bahkan ketika saya hanya memasukkan ‘Olimpiade’ saja tanpa menentukan ‘Olimpiade 2012’, saya masih menemukan apa yang saya cari,” Singhal menambahkan.

Perubahan ini dibangun berkat Caffeine Index Update, yang memungkinkan penjaringan informasi arsip web lebih cepat yang secara langsung memudahkan untuk menggali informasi termutakhir.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pengamat IT: Kabel Putus, Garuda Hanya Cari Alasan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*