Google Tegur Samsung Agar Tak Contek iPhone dan iPad

Kemiripan produk iPad (kiri) dan Samsung Galaxy 10.1 (kanan) berbuntut pada sengketa paten.

KOMPAS.com – Fakta mengejutkan kembali mengemuka dari drama perang hukum Apple dan Samsung.

Di pengadilan yang dijadwalkan berlangsung pekan depan, Apple berencana memakai “senjata” baru berupa dukumen internal Samsung yang berisi pengakuan bahwa produk-produk vendor kenamaan asal Korea tersebut memang mirip dengan iPhone dan iPad buatan Apple.

Beberapa dokumen terkait menunjukkan bahwa Samsung tak hanya menjiplak aspek-aspek tertentu dari iPhone dan iPad, tetapi juga pernah diperingatkan agar tidak meniru kompetitornya tersebut (Apple) oleh sejumlah pihak ketiga, termasuk Google.

Sebuah versi yang belum diedit dari berkas tuntutan Apple menyatakan bahwa Samsung sepenuhnya menyadari bahwa produk smartphone dan tablet buatannya memang mirip dengan iPhone dan iPad. Isu tersebut bahkan dikabarkan sempat menjadi topik pembicaraan internal Samsung.

Menurut poin-poin dalam berkas tuntutan Apple tersebut, Google pernah memperingatkan Samsung bahwa tablet “P1” dan “P3” (Galaxy Tab dan Galaxy Tab 10.1)  “terlalu mirip” dengan iPad dan memintanya menerapkan perbedaan elemen desain pada tablet P3.

Grup Desain Ponsel Samsung pada 2011 pernah mencatat “penyesalan” bahwa Galaxy S terlihat mirip dengan model-model iPhone terdahuliu

Evaluasi yang diadakan sendiri oleh Samsung dengan melibatkan sejumlah desainer berbuah pendapat bahwa Galaxy S “terlihat banyak meniru iPhone.” Penampilan Galaxy S dikatakan begitu mirip dengan iPhone sehingga jika logo “Samsung” dihilangkan, ponsel tersebut akan sulit dibedakan dari iPhone.
7649806896 daa741818d Google Tegur Samsung Agar Tak Contek iPhone dan iPad
(Gambar: allthingsd.com)

Baca Juga :  Anak 14 Tahun Bobol Jaringan Komputer, Dikeluarkan dari Sekolah

“Dokumen Samsung menunjukkan bahwa  kemiripan produk Samsung bukanlah sesuatu yang tidak disengaja atau sebuah ‘evolusi alamiah’ seperti yang dikatakan Samsung,” tulis Apple dalam berkas tuntutannya.

Apple melanjutkan pernyataannya dengan mengatakan bahwa kemiripan tersebut adalah hasil dari upaya Samsung untuk secara sengaja “mendompleng” kesuksesan iPhone dan iPad dengan menjiplak desain dan antar muka pengguna kedua perangkat tersebut.

Di sisi lain, Samsung juga telah menyiapkan “amunisi”, termasuk sebuah presentasi internal tahun 2006 yang menunjukkan desain user interface yang mirip dengan milik iPhone, yang diluncurkan pada tahun berikutnya.

Samsung juga mengutip sejumlah e-mail internal Apple yang menyatakan bahwa “desain revolusioner iPhone diambil dari rancangan kompetitornya, Sony”.

Samsung juga mengklaim bahwa tuntutan Apple bersifat anti-kompetitif dan mengatakan bahwa pembuat iPhone tersebut harus membayar Samsung karena menggunakan sejumlah paten milik produsen Korea itu. Appe disebut “tak bisa menjadi pemain sukses di industri telekomunikasi” tanpa paten-paten itu.

Hasil dari babak baru sengketa hukum Apple dan Samsung ini akan diketahui pekan depan.

 

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*