Google Turut Rayakan Hari Kemerdekaan RI

INILAH.COM, Jakarta – Hari ini, 17 Agustus 2012, Indonesia memperingati hari kemerdekaannya yang ke-67. Ternyata tak hanya warga negara Indonesia saja yang memperingatinya, mesin pencari Google juga ikut merayakannya melalui tampilan unik pada Google Doodle.

Jika Anda mengakses Google hari ini, akan terlihat gambar berbagai perlombaan khas 17 Agustus-an pada tampilan utama pada laman mesin pencari raksasa itu. Ada lomba makan kerupuk dan mengambil koin dengan mulut juga. Kerupuk serta buah tempat koin tertempel itu digantung pada tulisan Google yang berwarna-warni.

Para pembuat logo ini adalah tim Google Doodle yang terdiri dari Michael Lopez, Ryan Germick, Susie Sahim, Jennifer Hom, serta Dennis Hwang. Pemilihan tema doodle berasal dari ide orang-orang di kantor cabang Google di pelbagai negara. Begitu juga dengan gagasan tema 17 Agustus-an ini.

Google Doodle dibuat dengan tujuan membuat laman pencari lebih humanis. Dengan demikian, pengunjung datang tak cuma guna melakukan pencarian saja, tapi juga bermain atau berinteraksi dengan si mesin atau mengetahui banyak tanggal bersejarah di dunia.

Sejumlah doodle ditampilkan tim kreatif dengan menggunakan peralatan digital. Tapi kata Hom, beberapa tampilan lainnya dimunculkan dengan penggambaran manual, yakni dibuat di atas kertas atau kanvas.

Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Indonesia. Merdeka!!

Google Doodle untuk memperingati hari kemerdekaan RI sudah mereka lakukan sejak 2009 lalu.

Baca Juga :  Tumbangnya jaringan BlackBerry hanya heboh di Indonesia

Sudahkah Anda melihat halaman depan Google hari ini? Jika ya, maka Anda akan melihat gambar kartun yang memperlihatkan suasana kemerdekaan Republik Indonesia pada Google Doodle.

Pada gambar Google Doodle hari ini, Google mencoba menggambarkan beberapa lomba yang kerap dilakukan memperingati kemerdekaan RI. Pada Google Doodle hari ini terlihat gambar anak-anak sedang mengikuti lomba menggigit koin. Selain itu juga terlihat seorang anak kecil tengah mencoba menggapai kerupuk.

Di Google Doodle edisi 17 Agustus hari ini juga digambarkan dua orang anak sedang berlomba lari karung.

Ternyata edisi Proklamasi Indonesia 17 Agustus ini bukan yang pertama kalinya ditayangkan oleh Google Doodle.

Google mulai memasang gambar untuk memperingati kemerdekaan RI sejak 17 Agustus 2009 lalu. Sejak 2009 itu, hari kemerdekaan RI selalu muncul di halaman depan Google secara rutin setiap tahunnya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*