Gordang Sambilan Jadi Kegitan Rutin Di Pasar Seni (PAS) Mandailing Natal (Madina)

Meski masih tertatih-tatih dan dipandang sebelah mata, akan tetapi Pasar Seni (PAS) Mandailing Natal (Madina) akan menjadikan Gordang Samblilan sebagai kegiatan rutin.

“Keinginan itu tercetus atas rasa cinta terhadap kesenian daerah Madina yang mulai terkikis oleh jaman dan budaya barat. Sehingga mengancam generasi muda tidak akan mengetahui lagi apa itu Gordang Sambilan dan kesenian daerah lainnya,” kata Ketua PAS Madina, Lutfan Nasution, tadi pagi.

Dijelaskan, hingga saat ini keinginan itu terkadang masih terkendala berbagai hal, mulai dari kurangnya dana perhatian pemerintah maupun kurangnya alat-alat yang dimiliki.

“PAS Madina yang baru berdiri tahun 2010 akan tetap optimis menjadikan kesenian daerah dan kebudayaan untuk menjadi tujuan wisata. Selain Gordang Sembilan, kita juga menyiapkan kerajinan tangan dan berbagai supenir lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, Gordang Sambilan memiliki ciri khas tersendiri dari gordang lainya dengan melibatkan sembilan orang personil dengan sembilan macam gordang dari kulit lembu atau kerbau, yang menghasilkan suara hingga berumur ratusan tahun.

“Saya yakin, Gordang Sambilan sudah menjadi kegiatan rutin setiap sore dan adanya perhatian dari pihak terkait akan menjadikan Madina tujuan wisata, dengan catatan harus sering dilakukan pestival gordang, seperti dilakukan Kota Siantar setiap Hari Raya Idul Fitri,” bebernya.

Kedepan, kata Lutfan, PAS berencana membuat sekolah seni khusus di daerah Madina dan diharapkan 23 kecamatan harus memiliki pemain Gordang Sembilan, sehingga dari kegiatan per kecamatan dijadikan kegiatan kebupaten. (waspada.co.id)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Ratusan Warga Dua Kecamatan Siabu dan Naga Juang Rapat Akbar Tolak PT SM

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*