Gubsu Berang Dituding Tak Peduli Listrik

www.waspada.co.id

Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin benar-benar berang dibuat Komisi VII DPR-RI. Penyebabnya karena pemerintahan Syamsul dinilai tak mendukung percepatan penyelesaian krisis listrik daerah itu dengan cara menunda-nunda izin lokasi PLTA Asahan III berdaya 603 Mega Watt (MW) yang diminta PT PLN (Persero).

“Jangan dialaskan karena Asahan III, lantas kita dinilai tidak mendukung penyelesaian krisis listrik di Sumut. Karena saya beri pun izinnya sekarang, toh pembangunan pembangkitnya baru selesai tiga tahun lagi,” ucap Gubsu, tadi malam.

Gubsu sangat keberatan pihaknya dituding memperlambat penyelesaian krisis listrik di Sumut. “Mengapa tidak PLTU Sarulla yang sampai hari ini belum jalan atau PLTU Langkat yang masih tersendat-sendat, kendati telah diberi lahan seluas 100 Hektare (Ha) dari yang diminta 40 Ha yang dipermasalahkan. Jadi, jangan pancing-pancing saya. Karena dari tadi, soal izin lokasi PLTA Asahan III saja yang diperdebatkan,” cecar Gubsu.

Gubsu kemudian menjelaskan permasalahan yang menyebabkan hingga detik ini izin lokasi yang diminta PLN itu belum ditandatanganinya. “Saya tak mungkin tidak membela PLN. Karena PLN adalah bagian dari republik ini. Karenanya, saya pastikan izin itu diberikan ke PLN, asal mereka mau menerima syarat yang kita ajukan,” jawab Gubsu.

Syarat dimaksud terkait penyertaan saham (equity) Pemprovsu bersama 9 kabupaten dan kota dalam proyek pembangunan PLTA Asahan III  di Desa Meranti, kecamatan Pintu Pohan, kabupaten Toba Samosir dan Desa Tangga Kecamatan Bandarpulau, kabupaten Asahan itu mau diterima PLN.

Baca Juga :  Rekaman CCTV Menguak Kekejamam Syamsul Anwar dan Keluarganya

Alasan penyertaan saham itu, menurut Gubsu untuk memastikan terjaminnya ketersediaan energi listrik bagi 9 kabupaten/kota di seputar kawasan Danau Toba, termasuk untuk 24 daerah lain yang diwakili Pemprovsu.  “Hanya itu saja kok permasalahan di Asahan III itu. Karena hanya dengan begitu, kita bisa merencanakan peningkatan kesejahteraan rakyat Sumut untuk masa depan,” terang Gubsu.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*