Gubsu Dinobatkan Marga Hasibuan

DINOBATKAN MARGA HASIBUAN Gubsu Tengku Erry Nuradi Hasibuan, saat ikut manortor dalam acara margalanggang sebelum dilakukan rangkaian acara mangupa. (medanbisnis/maulana syafii)


DINOBATKAN MARGA HASIBUAN Gubsu Tengku Erry Nuradi Hasibuan, saat ikut manortor dalam acara margalanggang sebelum dilakukan rangkaian acara mangupa. (medanbisnis/maulana syafii)Palas. Gubsu H Tengku Erry Nuradi mendapat marga kehormatan Hasibuan dari tokoh adat dan raja-raja luhat di Kabupaten Padang Lawas (Palas). Penobatan marga itu dilakukan dalam acara adat yang digelar secara khusus sebagai rangkaian kegiatan pengukuhan Parsadaan Hasibuan “Pahae Barumun Pahulu Sosa” yang digelar di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Minggu (28/8).
Prosesi adat ini sangat kental dalam acara ini, mulai dari penyambutan Gubsu hingga akhirnya acara yang dikenal mangupa (jamuan) dengan potongan kepala kerbau terhidang di samping nasi yang sudah disiapkan.

Penobatan marga hasibuan itu dilakukan bersamaan dengan pemasangan topi adat Tapanuli Selatan serta kain sarung warna kuning yang dikenakan kepada Gubsu Tengku Erry Nuradi.

“Setelah dipakaikan kain sarung, Gubsu Tengku Erry Nuradi pun resmi dan sah bermarga Hasibuan,” kata seorang tokoh adat saat penobatan itu, yang dilakukan di acara penyambutan.

Nuansa adat lebih terasa lagi saat akan mengiring Gubsu ke “Bagas Godang” untuk acara mangupa. Sebelum digiring ke Bagas Godang yang saat itu digunakan Pasanggarahan sebagai tempatnya.

Gubsu juga ikut menortor bersama tokoh-tokoh adat dan juga Bupati Palas H Ali Sutan Harahap serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopindo).

“Terima kasih, saya sudah diberi marga Hasibuan. Mudah-mudahan, silaturahmi tetap kita jaga,” kata Gubsu Tengku Erry Nuradi sembari menyebut sudah keempat kalinya berkunjung ke Kabupaten Palas dan bertekad akan menjadi gubernur paling sering berkunjung ke daerah ini.

Baca Juga :  Pangkalan Minah di Palopat Maria Setahun Tidak Beroperasi

Pengukuhan Parsadaan Marga Hasibuan ini sendiri merupakan pertama kalinya di Palas, oleh tokoh-tokoh Hasibuan. Ini baru pertama kalinya dilakukan setelah 600 tahun warga bermarga Hasibuan tercerai berai di berbagai penjuru negeri.

Saat ini, Parsadaan Marga Hasibuan yang diberi nama Parsadaan Hasibuan Pahae Barumun Pahulu Sosa diketuai Irfan Suaduon. Acara pelantikannya juga dilakukan di depan gubsu, yang dilantik oleh tiga dewan pembina, yakni Sutan Sodoguron, Sarmadan Hasibuan dan Imran Joni Hasibuan.

Usai acara, digelar makan bersama, baik undangan maupun ribuan warga yang hadir pada acara tersebut. Ternyata, acara ini sendiri tidak hanya dihadiri warga Hasibuan, tapi juga dihadiri anak borunya Marga Daulay. Diperkirakan, sedikitnya tiga ribuan orang lebih warga yang hadir pada saat itu.
(maulana syafii)

Sumber: bisnisdaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*