Gubsu Kembali Datangi Dirut PLN, Mempertanyakan Kapan Pemadaman Bergilir Dapat Diatasi Sepenuhnya.

Medan, (Analisa)

Gubsu H Syamsul Arifin SE kembali mendatangi Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan di Kantor PT PLN Pusat Jakarta, Selasa (16/2) siang. Kedatangan gubernur untuk mempertegas komitmen pihak PLN dalam mengatasi permasalahan kelistrikan di Sumut sekaligus mempertanyakan kapan pemadaman bergilir dapat diatasi sepenuhnya.

Kepada Dahlan Iskan, Gubsu menginformasikan masih sering menerima keluhan, baik langsung maupun melalui sms dan sebagainya dari masyarakat tentang keprihatinan pemberlakuan pemadaman bergilir yang masih terjadi dewasa ini.

“Kami (Pemprovsu-red) masih cukup sering menerima keluhan ini. Oleh sebab itu, kami mohon komitmen yang lebih sungguh-sungguh dari pihak PLN untuk mengatasi permasalahan ini,” ujar Gubsu sebagaimana disampaikan Kadis Kominfo Sumut Drs H Eddy Syofian sesaat menerima informasi langsung dari Gubsu melalui telepon selular, Selasa (16/2) sore.

Dahlan Iskan didampingi Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN Pusat Nasri Sebayang dan Direktur Operasi Indonesia Barat Hari Jaya Pahlawan menyatakan telah menghubungi langsung GM Pembangkit Sumbagut Ikuten Sinulingga melaporkan pembangkit GT 12 di PLTGU Belawan yang sebelum ini mengalami gangguan telah diperbaiki.

“Dijadwalkan malam ini (tadi malam-red) perbaikan pembangkit GT 12 akan diuji coba. Apabila uji coba ini berhasil akan ada tambahan kapasitas ke dalam sistem kelistrikan Sumut antara 180-200 MW,” jelas Eddy Syofian sebagaimana penjelasan yang diterima Gubsu dari pihak PLN.

Baca Juga :  Penyerangan Jemaah Ahmadiyah Cikeusik - Siapa Arif Sesungguhnya?

Dengan beroperasinya kembali pembangkit GT 12 tersebut memperkuat GT 11, GT 21 dan GT 22 di PLTGU Belawan dan adanya tambahan daya dari PT Inalum maka total kapasitas sistem kelistrikan Sumut diharapkan mencapai 1.250-1.300 MW meski kondisi ini tercapai masih sangat tergantung pada fluktuasi pembangkit Labuhan Angin.

”Dengan ini pihak PLN mengharapkan akan terjadi pengurangan pemadaman bergilir secara bertahap meski belum sepenuhnya karena beban puncak saat ini antara 1.300-1.400 MW. Secara teoritis, antara kapasitas dengan beban puncak memang sudah mendekat, namun masih sangat minim sehingga apabila terjadi gangguan teknis seperti gangguan jaringan akibat pohon tumbang dan sebagainya, maka pemadaman secara lokal belum bisa dihindari sepenuhnya,” ujarnya.

Lagi pula, lanjutnya, apabila uji coba GT 12 berhasil, maka salah satu pembangkit di PLTGU Belawan yang sebelum ini beroperasi maksimal yakni GT 22 rencananya akan memasuki masa pemeliharaan atau perawatan. “Kondisi ini semua akan mempengaruhi kapasitas. Namun paling tidak, apabila uji coba GT 12 berhasil maka pemadaman bergilir akan berkurang,” tuturnya.

Disebutkan, Maret 2010 direncanakan ada tambahan pembangkit baru di PLTGU Belawan yang disebut PLTGU Lot 3 kapasitas 105 MW sehingga diharapkan ada tambahan kapasitas sehingga secara bertahap pemadaman bergilir akan dapat diatasi.

Sebelum ini, pada 7 Februari 2010 Gubsu juga telah berbicara dengan Dirut PLN Dahlan Iskan pada kesempatan hadir di forum koordinasi di Cipanas yang juga mengharapkan agar pihak PLN mengerahkan segala daya dan upaya untuk memenuhi harapan masyarakat agar ‘byar-pet’ dapat ditanggulangi segera dan kerusakan pembangkit di Sicanang Belawan yang dilaporkan pihak PLN Sumut tersebut segera diatasi. Dalam hal ini Pemprovsu siap memberikan bantuan sebatas kewenangan yang ada padanya. (ir)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Monumen Sejarah di lapangan Merdeka, Pasar Gunungtua, kec. Pd. Bolak, Paluta terlantar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*